Breaking News

Polisi Bantah 3 Pendaki Tewas di Gunung Bawakaraeng Ditelantarkan Rekan


Komando Bhayangkara - Tiga pendaki tewas saat naik ke Gunung Bawakaraeng, Sulsel. Polisi menyebut tidak ada penelantaran korban pendaki oleh rekan setim mereka saat mencoba turun dari gunung.

"Tidak ada kalau ditelantarkan. Makanya temannya turun ke bawah yang selamat dan informasikan kepada petugas temannya ada meninggal di atas," kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan saat dikonfirmasi, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, ketiga korban yang meninggal bersama lima orang lainnya terpencar saat masuk di Pos 7 Bawakaraeng. Saat itu, kondisi kelompok ini kehabisan bahan makanan dan tidak memiliki alat penerangan saat turun gunung.

"Kemudian cuaca dan angin kencang dan mempercepat turun (gunung). Gambaran umum, mereka itu dari puncak dan bahan makanan sudah tidak ada," terangnya.

"Hingga saat ini belum ada penelantaran teman. Makanya saat temanya turun lapor teman kami di atas meninggal. Dia bilang meninggal. Makanya dia minta bantuan kan tidak mungkin sendiri membawa," imbuhnya.

Kepada petugas, salah seorang rekan pendaki, Suardi, menginformasikan bahwa rekannya bernama Steven meninggal dan menginformasikan juga ada rekannya yang lain meninggal di antara Pos 5 dan 6 bernama Rian. Saat tim SAR ke lokasi itu, malah yang ditemukan adalah jenazah Zainal.

"Jenazah Rian baru ditemukan malam hari dan baru tiba juga semalam," kata dia.

Sebelumnya, korban meninggal di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), ternyata berjumlah 3 orang. Salah satu korban ditinggal rekannya di jalur pendakian, tapi tak dilaporkan ke petugas SAR gabungan.

"Jadi teman korban yang selamat ini tidak melapor, tidak menyampaikan ke kita bahwa ada satu lagi temannya yang meninggal," ucap Kasi Ops Basarnas Makassar Rizal.

Rizal mengatakan tiga korban meninggal merupakan satu rombongan berjumlah 8 orang, di mana tiga meninggal, sedangkan lima orang lainnya selamat. Adanya korban yang meninggal bermula saat petugas SAR mencoba mengidentifikasi dua korban meninggal yang telah dievakuasi.

"Kita kan tidak tahu identitasnya kan. Jadi saya sempat tanyakan, temannya yang selamat bilang 'ini Pak teman saya Steven, yang itu Rian, Pak," ucap Rizal. (MKB/DETIK)

Foto: Tim SAR mengevakuasi pendaki Gunung Bawakaraeng yang tewas usai mengalami hipotermia. (dok. Istimewa)
Polisi Bantah 3 Pendaki Tewas di Gunung Bawakaraeng Ditelantarkan Rekan Polisi Bantah 3 Pendaki Tewas di Gunung Bawakaraeng Ditelantarkan Rekan Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar