Breaking News

Suka Bantu Orang Susah, Brigadir Budiman: Manusiakanlah Manusia


Komando Bhayangkara - Brigadir Budiman tak pilih-pilih latarbelakang dalam menolong sesama. Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pun dia tolong. Sudah puluhan ODGJ yang anggota Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur itu tolong, sejak pertama kali dia melakukan aksi mulianya itu tujuh bulan lalu.

“Sudah ada sepuluh ODGJ di jalanan dan terkonfirmasi keluarganya, ada yang 15 tahun (kabur dari rumah keluarganya), ada yang 16 tahun, ada yang bertahun-tahun. Kita hubungkan ke keluarganya akhirnya berkumpul lagi,” cerita Budiman yang dikutip dari VIVA.

Pernah dia menemukan ODGJ yang sudah menghilang dari rumah keluarganya selama 37 tahun. Budiman kemudian menelusuri asal si ODGJ dan ketemu. Alhamdulillah, si ODGJ akhirnya bisa berkumpul lagi dengan keluarganya.

“Yang paling jauh ada (ODGJ pergi dari rumahnya) dari Cilincing, Jakarta Utara, ketemu di Gresik. 15 tahun di jalanan akhirnya berkumpul lagi (dengan keluarganya,” tandas polisi asal Kabupaten Tuban itu.

Setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan oleh pemerintah, Budiman kemudian menoleh kepada para pedagang kaki lima. Biasanya, saat patroli dia mampir ke PKL-PKL di jalan, membeli dagangan mereka dan memberikan uang lebih.

Nah, pada Kamis sore, 26 Agustus 2021, saat patrol di Tol Sidoarjo arah Waru, Budiman menemukan seorang pemuda tinggal di kolong jembatan yang melintang di atas jalan tol, tepatnya di KM 749. Budiman menghampiri pemuda itu dan kemudian menolongnya. Si pemuda diindekoskan dan dicarikan pekerjaan.

Budiman mengaku sengaja merekam aksinya itu dengan video lalu mengunggahnya di akun YouTubenya, Dhulur Budiman, dan akun media sosialnya. Ia mengaku tidak berniat pamer.

“Semua yang saya lakukan di YouTube untuk memotivasi dan menginspirasi kawan-kawan di luar sana agar lebih memanusiakan manusia dan perhatian pada sekeliling, karena kita semua makhluk Allah SWT,” ucapnya. (MKB/VIVA)

Foto: Brigadir Budiman/VIVA / Nur Faishal (Surabaya)
Suka Bantu Orang Susah, Brigadir Budiman: Manusiakanlah Manusia Suka Bantu Orang Susah, Brigadir Budiman: Manusiakanlah Manusia Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar