Breaking News

Tasyakuran Tahunan "KADANG TANI" Desa Susukan Comal


Komando Bhayangkara, Pemalang, 28/08/2021 - Tasyakuran Kadang Tani adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Susukan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Tasyakuran ini  merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga, Salah satu Ulama Desa Ustat Matrohim ,mengatakan bahwa selain dari ucapan "Alhamdullilah" juga pada :

Surah Al Baqarah Ayat 245
"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan"

Tasyakuran Kadang Tani adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada Allah sebagai karunia yang besar. “Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sodakoh terhadap bumi kita ini.


Pelaksanaan Sedekah Bumi biasa dilaksanakan oleh masyarakat Desa Susukan pada bulan Suro mengikuti kalender Jawa atau Suro pada panen ke dua kali ini jatuh pada Hari Jumat Kliwon  tanggal 27 Agustus 2021.

Pelaksanaan Tasyakuran kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Ini disebabkan pelaksanaanya masih dalam suasana pandemik. Kepala Desa  Melarang acara ini dilakukan karena antusias warga tinggi dan sebagai "uri uri"  kabudayan Jawa walau sederhana dan pada akhirnya Kepala Desa mengikuti kehendak masyarakat asal dengan prokes.

Tasyakuran Kadang Tani  melibatkan semua elemen masyarakat, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan dan masyarakat desa tanpa melibatkan Pemerintah Desa.

Acara ini dihadiri,Kepala Desa Susukan Irfanudin dan perangkat desa lainya(tamu undangan), Ketua Gapoktan  Sunoto ,BPD Kusrini , RT, RW, tokoh masyarakat.

"Tasyakuran ini sebenarnya saya larang karena situasi pandemik,seandainya ini tidak situasi Pandemik Pemerintah Desa dan Masyarakat membuat acara ini meriah tapi bagaimana lagi, warga sudah menggalang dana dengan cara swadaya, ya saya hanya minta syarat dalam pelaksanaannya ikuti prokes" tutur kepala Desa Susukan Irfanudin. (BondMkb/pml)
Tasyakuran Tahunan "KADANG TANI" Desa Susukan Comal Tasyakuran Tahunan "KADANG TANI" Desa Susukan Comal Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar