Breaking News

Yakin Vaksinasi Merdeka Efektif, Polda Metro Jaya Sebar Ribuan Relawan ke 900 Gerai RW


Komando Bhayangkara - Menjelang Dirgahayu Indonesia Ke-76, Polda Metro Jaya terus menggencarkan vaksinasi merdeka yang melibatkan ribuan relawan di 900 gerai Rukun Warga (RW) di DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menilai vaksinasi merdeka efektif karena memudahkan warga Jakarta untuk mendapatkan vaksin, tanpa pergi jauh datang ke lokasi vaksin terpusat seperti di Gelora Bung Karno (GBK) maupun di Kemayoran.

Vaksin merdeka yang diinisiasi Polda Metro Jaya ini bertujuan untuk memberikan hadiah kemerdekaan dengan warga Jakarta telah 100 persen semuanya tervaksin dan terbentuk herd imunity.

"Sejak pertama tanggal 1 Agustus itu masih ada sekitar 3 juta warga Jakarta atau 84 persen yang sudah tervaksin. Nah harapan kita sampai tanggal 17 ini adalah dia akan 100 persen tervaksin," ujar Kombes Yusri yang dikutip dari RMOL, Minggu (8/8).

Vaksinasi merdeka juga melibatkan ribuan relawan yang akan bekerja memvaksin warga Jakarta. Relawan itu direkrut dan dilatih.

"Siapa saja relawan itu? Mahasiswa yang jurusan kedokteran yang bisa maksin itu loh. Kita berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, bahkan dikasih credit point mereka dari Kementerian Pendidikan, termasuk yang dari perawat atau bidan yang punya kemampuan untuk vaksinator," jelas Yusri.

Selain itu, untuk yang bagian entri data kata Yusri, melibatkan resimen mahasiswa (menwa), mahasiswa, beberapa organisasi, termasuk Ibu-ibu PKK dan pengurus RT dan RW.

"Apa tugasnya polisi? Polisi cuma katalisatornya saja lah, mengawasi, yang membuat inisiasi. Jadi katalisator sebenarnya. Kita yang menyiapkan vaksinnya, pemerintah daerah. Kita berkolaborasi juga nantinya dengan pemerintah daerah dan Kodam Jaya, tapi inisiatornya adalah Polisi Polda Metro," terang Yusri.

Untuk vaksinatornya adalah sebanyak 1.800 orang. Sementara untuk relawan lainnya sebanyak 4.500 orang.

"Inisiasi ini sekarang diikuti oleh provinsi-provinsi lain. Jawa Tengah sudah, Jawa Timur sudah, Kepri sudah. Wah ternyata memang ini efektif sekali," pungkas Yusri. (MKB/RMOL)

Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus/Net
Yakin Vaksinasi Merdeka Efektif, Polda Metro Jaya Sebar Ribuan Relawan ke 900 Gerai RW Yakin Vaksinasi Merdeka Efektif, Polda Metro Jaya Sebar Ribuan Relawan ke 900 Gerai RW Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar