Breaking News

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Memperkenalkan Budi Daya Kemiri Sebagai Mata Pencaharian Tambahan Di Perbatasan.


Komando Bhayangkara, Sanggau – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan kegiatan Pembinaan Teritorial Terbatas dengan memberikan penyuluhan pertanian berupa budi daya pohon kemiri di Dusun Panga, Desa Semanget, Kec. Entikong, Kab. Sanggau.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau pada Kamis (09/09/2021).

Dansatgas mengatakan kegiatan penyuluhan pertanian budi daya pohon kemiri ini dilakukan oleh 4 orang personil Pos Panga Dipimpin Serda Soni Anja Eswara bertempat di Helypad Pos Panga, Dusun Panga, Desa Semanget, yang diikuti oleh kelompok tani dan masyarakat Dusun Panga, Desa Semanget.

Penanaman bibit kemiri adalah salah satu program Satgas Pamtas di sepanjang patok perbatasan RI-MLY yang bertujuan untuk menjadikan sebagai tanda batas Negara sehingga bisa dikenali baik dari darat maupun udara dan juga buah kemiri memiliki manfaat dan daya jual yang dapat dipergunakan bagi masyarakat sekitar, jelas Dansatgas.


Banyak khasiat yang dimiliki oleh buah Kemiri, diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung, melancarkan pencernaan, meningkatkan kolestrol baik yang mampu menurunkan kolesterol jahat,  mengandung mineral kalium untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi Isomnia, mengobati diabetes, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, membantu mempertahankan imunitas dalam tubuh serta khasiat lain, terang Dansatgas.

“Berbekal pengetahuan yang diperoleh pada saat melaksanakan pembekalan tugas melalui Dinas Pertanian Provinsi Kalbar, Pos Panga yang dipimpin Danpos Letda inf Yopi Prasetyo berbagi wawasan yang dimiliki tentang budi daya kemiri yang baik dan benar,” pungkas Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Panga Letda Inf Yopi Prasetyo mengatakan Kegiatan ini adalah upaya kami mengenalkan pohon kemiri kepada petani di wilayah perbatasan dan untuk mempererat tali silaturahmi antara personil Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan masyarakat Dusun Panga.

Antusias masyarakat sangat tinggi dilihat banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para petani, dengan berbekal ilmu pengetahuan yang dimiliki, personel pos menjawab dengan menjelaskan sedetail mungkin sehingga para petani dapat menerima dengan baik, Jelas Danpos.

Bapak Cosmas Acung Kepala Dusun Panga sangat berterima kasih atas penyuluhan pertanian yang telah diberikan, dirinya menggungkapkan bahwa ilmu yang diberikan oleh Pos Panga sangat bermanfaat.

“Kami sangat senang dan berterima kasih atas ilmu yang telah diberikan, dengan adanya kegiatan ini kami jadi lebih tahu tentang budi daya kemiri dari proses awal pembibitan,  penanaman sampai dengan cara memanennya,” ungkap Cosmas. (Pen Satgas Pamtas 643).
Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Memperkenalkan Budi Daya Kemiri Sebagai Mata Pencaharian Tambahan Di Perbatasan. Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Memperkenalkan Budi Daya Kemiri Sebagai Mata Pencaharian Tambahan Di Perbatasan. Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar