Breaking News

Berusaha Kabur dari Lapas Pontianak, Dua Napi Dipindah ke Lapas Nusakambangan


Komando Bhayangkara - Dua narapidana Lapas Kelas II A Pontianak, bernama Saleh alias Saleh Kurap Bin H Muhammad Sood dan Uray Noriman alias Iman Bin Uray Suryadi terpaksa berupaya kabur dari tahanan. Atas ulah tersebut, keduanya langsung digiring ke Lapas Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan.

Proses pemindahan kedua narapidana itu dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Eka Jaka dengan pengawalan tujuh orang petugas.

Eka Jaka mengatakan sebelum dilakukan pemindahan, kedua narapidana tersebut menjalani tes urine hingga tes antigen yang menyatakan negatif.

“Kedua narapidana terpaksa dipindahkan ke sel tahanan yang lebih ketat setelah salah satu dari narapidana yakni Saleh alias Saleh Kurap sempat kabur dari Lapas Pontianak pada Rabu (29/9),” kata Eka dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/10).

Untungnya Saleh berhasil ditangkap oleh Tim Gabungan Polres Kubu Raya dan Lapas Kelas IIA Pontianak di lokasi persembunyiannya di rumah penduduk Desa Sepok Laut, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Menurut dia, pemindahan para narapidana ke Lapas Karanganyar Nusakambangan merupakan wujud keseriusan dan komitmen Dirjen PAS dalam mewujudkan lapas yang lebih kondusif. "Kami tegaskan ini bentuk keseriusan dan komitmen dari Ditjen PAS dalam memberantas peredaran narkoba maupun gangguan keamanan di dalam lapas Indonesia,” tegas dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga berharap dengan dilakukannya pemindahan narapidana narkoba kelas kakap, maka peredaran narkoba di tanah air bisa semakin berkurang.

Hal ini mengingat akses komunikasi dari lapas di Nusakambangan ke luar akan sulit dilakukan. (MKB/RMOL)

Foto: Dua narapidana Lapas Kelas II A Pontianak, bernama Saleh alias Saleh Kurap Bin H Muhammad Sood dan Uray Noriman alias Iman Bin Uray Suryadi/Repro
Berusaha Kabur dari Lapas Pontianak, Dua Napi Dipindah ke Lapas Nusakambangan Berusaha Kabur dari Lapas Pontianak, Dua Napi Dipindah ke Lapas Nusakambangan Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar