Breaking News

Kapolri Persilakan Masyarakat Berekspresi dan Berpersepsi Tentang Polri Baik Positif Maupun Negatif


Komando Bhayangkara - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempersilahkan masyarakat untuk berekspresi maupun berpersepsi terhadap institusi Polri baik secara positif maupun negatif.

Listyo menjamin pihaknya akan menjunjung tinggi kebebasan masyarakat dalam menyampaikan kritik terhadap Korps Bhayangkara.

"Masyarakat silakan mau berekspresi dan persepsi tentang Polri, positif boleh menjadi motivasi buat kami negatif juga boleh," kata Sigit dalam kegiatan Bhayangkara Mural Festival 2021 di Mabes Polri, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Sigit berujar, kritikan yang disampailan masyarakat penting untuk menjadi bahan evaluasi dan refleksi bagi Polri kedepan. Dengan begitu harapannya institusi Polri menjadi lebih baik sesuai dengan harapan masyarakat.

Sigit pun membantah beredarnya isu mengenai mereka yang mengkritik Polri melalui lomba mural akan ditangkap dikemudian hari.

Justru katanya, siapa yang paling berani mengkritik Polri melalui mural tersebut akan menjadi sahabatnya.

"Saya jamin yang berani menggambar seperti itu (kritik pedas) akan jadi sahabatnya Kapolri jadi temennya Kapolri itu artinya apa saya selaku Kapolri kami institusi Polri bahwa masyarakat bisa memberikan gambaran kepada kami," tuturnya.

Mantan Kabareksrim Polri itu pun menegaskan bahwa pihaknya sangat menjunjung tinggi kebebasan berekspresi. Apalagi kata dia, kebebasan itu memang dijamin dalam undang-undang.

"Tentu ini berbeda dibandingkan di era orde sebelumnya gimana pada saat reformasi maka kebebasan itu dibuka tentunya masyarakat bebas untuk melaksanakan, menyampaikan aspirasinya, ekspresinya, dalam segala bentuk dan itu kita hormati," ucapnya.

Namum demikian lanjut Sigit, dalam mengungkapkan ekspresi ada hal-hal yang harus menjadi perhatian yakni tidak boleh mengabaikan kebebasan orang lain.

"Apalagi kalau ini terkait dengan bagaimana hak-hak orang lain juga tetap harus kita perhatikan," tuturnya.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo. /Dok Humas Mabes Polri
Kapolri Persilakan Masyarakat Berekspresi dan Berpersepsi Tentang Polri Baik Positif Maupun Negatif Kapolri Persilakan Masyarakat Berekspresi dan Berpersepsi Tentang Polri Baik Positif Maupun Negatif Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar