Breaking News

Terungkap Kecanggihan Rantis yang Digunakan Jokowi di Tarakan, Ternyata Produksi Lokal


Ada yang berbeda dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tarakan, Kalimantan Utara pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Bila biasanya Jokowi menggunakan mobil jenis sedan atau SUV untuk menyapa warga, namun kali ini Jokowi terlihat menaiki kendaraan taktis.

Kendaraan taktis yang digunanakn Jokowi ternyata memang telah disiapkan secara khusus. Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan informasi Sekretariat Presiden, kendaraan taktis yang digunakan Jokowi merupakan milik Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

"Mobil ini keren sekali. Tampilan semi terbia dengan seluruh bodi dan kaca depan berlapis anti peluru. Rangka pipa baja juga terpasang di sekelilingnya," papar Jokowi dalam akun instagram miliknya, Selasa, 19 Oktober 2021.

Diketahui kendaraan yang digunakan ialah P6 ATAV V1. Kendaraan yang dirancang tangguh di segala medan ini menggunakan sasis tubular berupa pipa besi berkekuatan tinggi.

Desain dari kendaraan ini dibuat dengan semi terbuka dan dilengkapi dengan bodi baja anti peluru. Kaca depan dari mobil ini diketahui juga dibuat dari material anti peluru.

Rantis yang digunakan Jokowi di Tarakan dirancang PT Surya Sentra Ekajaya dan FAD Works. Sementara untuk produksinya, dilakukan oleh PT Surya Sentra Ekajaya.

Mobil yang memiliki bobot total 2,5 ton ini dibekali dengan mesin turbo diesel empat silinder dengan kubikasi 2.500 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 142 Hp dengan torsi 343 Nm.

Meski memiliki bobot yang cukup berat, namun rantis yang digunakan Jokowi tersebut diketahui memiliki kecepatan hingga 120 km/jam. Diketahui rantis itu nantinya akan diprodusi secara massal.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan rantis saat kunjungan di Kalimantan Utara /Instagram.com/ @jokowi
Terungkap Kecanggihan Rantis yang Digunakan Jokowi di Tarakan, Ternyata Produksi Lokal Terungkap Kecanggihan Rantis yang Digunakan Jokowi di Tarakan, Ternyata Produksi Lokal Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar