Breaking News

Tindak Lanjuti Perintah Kapolri soal Oknum Polisi, Irjen Sambo Langsung Gandeng Komnas HAM


Komando Bhayangkara - Polri menegeskan komitmen dalam reformasi internal sekaligus penguatan pengawasan hak asasi manusia (HAM).

Untuk itu, Polri langsung menggandeng Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Itu disampaikan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo usai menggelar pertemuan di Kantor Komnas HAM di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

“Atas perintah Kapolri kami datang menemui Komnas HAM sebagai pengawas eksternal untuk melakukan penguatan pengawasan aspek hak asasi manusia,” ujar Irjen Sambo dilansir PojokSatu.id dari Antara.

Dalam pertemuan tersebut, Irjen Sambo menegaskan komitmen Polri menjaga penegakan HAM dalam pelaksanaan tugas serta wewenang yang dilakukan oleh setiap anggota di lapangan.

Hal itu sejalan dengan gagasan yang diusung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Saat ini, ujar Sambo, reformasi di Korps Bhayangkara masih terus berjalan, terutama di internal Polri.

Irjen Sambo juga menegaskan bahwa Polri sangat terbuka untuk masukan dari seluruh pihak dalam rangka perbaikan di internal.

“Sehingga Polri semakin professional, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” kata dia.

Sementara, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan Komnas HAM menyambut baik keterbukaan yang dilakukan Polri.

Sebab, hal itu menjadi salah satu kunci untuk memastikan pelayanan oleh negara semakin bagus.

“Dalam konteks Komnas HAM, ini bagian dari akuntabilitas dan bagi kepolisian ini adalah program presisi,” terangnya.

Pada pertemuan tersebut, Anam juga menyampaikan bahwa Polri menerangkan perkembangan terbaru berbagai kasus yang sempat viral di Indonesia.

“Kami diberi update kasus Tangerang, kasus di Luwu dan sebagainya,” bebernya.

Menurut dia, keterbukaan yang dilakukan Polri penting untuk saling membangun akuntabilitas kedua institusi (Polri dan Komnas HAM) dalam mengawasi jalannya penegakan hak asasi manusia di Tanah Air. (MKB/POJOKSATU)

Foto: Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo usia menggelar pertemuan di Komnas HAM, Selasa (19/10/2021), menindaklanjuti perintah Kapolri yang menyoroti soal ulah beberapa oknum polisi
Tindak Lanjuti Perintah Kapolri soal Oknum Polisi, Irjen Sambo Langsung Gandeng Komnas HAM Tindak Lanjuti Perintah Kapolri soal Oknum Polisi, Irjen Sambo Langsung Gandeng Komnas HAM Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar