Breaking News

Hormati Adat Istiadat Setempat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Hadiri Tradisi Gawai Anak Padi Di Perbatasan


Komando Bhayangkara, Sanggau - Menghormati adat istiadat suku dayak di tempat tugas, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns menghadiri acara tradisi gawai anak padi (padi sudah tumbuh) di di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kec. Entikong, Kab Sanggau.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Kamis (04/11/2021).

Dansatgas mengatakan, acara gawai anak padi ini dihadiri oleh 3 personel Pos Serangkang dipimpin Danpos Sertu S. Yusuf bertempat di ladang milik masyarakat di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kec. Entikong.

Gawai anak padi adalah tradisi masyarakat suku dayak yang sampai saat ini masih dilestarikan dan diselenggarakan rutin tiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur atas tumbuhnya padi yang telah ditanam tanpa ada hambatan, terang Dansatgas.

Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan ritual oleh kepala adat dilanjutkan dengan makan-makan bersama. Hal ini dilakukan sama pada saat gawai sebelum buka ladang sampai ke gawai hasil panen padi. Dalam kegiatan ini yang harus ada setiap gawai yakni pulut dimasak di bambu yang disebut “Empiga”. Itu bukan lemang tetapi rasanya tawar tidak diberi santan, ujar Dansatgas.

“Yang terpenting dari adanya kegiatan ini adalah bahwa kami Satgas Pamtas sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dan juga mempererat tali silaturahmi antara kami dengan masyarakat,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Serangkang Sertu Yusuf mengatakan Kegiatan Ini dilaksanakan sebagai wujud syukur tumbuhnya padi yang di tanam oleh masyarakat Dusun Serangkang dan untuk mempererat tali silaturahmi Pos Serangkang dengan warga diperbatasan.

“Kehadiran Satgas Pamtas haruslah memberi manfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana Satgas Pamtas mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah perbatasan, ujar Danpos.

Johan (47) masyarakat Dusun Serangkang mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Satgas Pamtas di kegiatan tradisi leluhur kami ini, merupakan suatu kehormatan bagi kami dan kedepannya Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 dapat berhasil di setiap tugasnya. (MKB/Pen Satgas Pamtas 643).
Hormati Adat Istiadat Setempat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Hadiri Tradisi Gawai Anak Padi Di Perbatasan Hormati Adat Istiadat Setempat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Hadiri Tradisi Gawai Anak Padi Di Perbatasan Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar