Breaking News

Lagi, Satu Anggota TNI Gugur Ditembak Teroris Papua, Ini Penjelasan Dandim Jayawijaya


Seorang anggota TNI kembai gugur di Papua. Anggota TNI gugur setelah ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang mengakui seorang anggota TNI gugur setelah ditembak KKB Papua.

Peristiwa penembakan terjadi di Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, pada Kamis, 31 Maret 2022. Korban yang gugur adalah anggota Koramil Yalimo Sertu Eko.

“Memang benar ada insiden penembakan yang menewaskan anggota Koramil Yalimo dan saat ini sedang dilidik,” katanya, Kamis, 31 Maret 2022.

Diketahui pada Selasa, 28 Maret 2022 anggota KKB Papua penembak mati Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Letjen (P) TNI Putu Dani ditembak mati Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz.

Selain pelaku penembakan, Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz juga menangkap seorang anggota KKB lainnya.

“Penangkapan terhadap kedua anggota KKB, yakni Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25) dilakukan, Selasa (28/3), di Nabire,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Ahmad Kamal, Rabu, 30 Maret 2022.

Diakuinya, saat hendak ditangkap di kawasan Siriwini, Nabire, Toni Tabuni melakukan perlawanan hingga dilakukan tindakan yang menyebabkan tewasnya yang bersangkutan.

Sedangkan Kais Tabuni saat ini diamankan di Polres Nabire. Dijelaskannya, Toni Tabuni (24) merupakan pimpinan KKB Ndeotadi.

Tercatat sembilan aksi kekerasan, di antaranya yang melibatkan Toni Tabuni, yakni pencurian dengan kekerasan terhadap personil Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020 yang mengakibatkan Briptu Cristian Palling mengalami luka bacok di kepala dan di tubuh serta merampas senjata organik Pospol sebanyak 3 pucuk (SS1 sebanyak 2 pucuk dan AK 47 sebanyak 1 pucuk).

Terlibat aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada tanggal 25 April 2021, yang mengakibatkan Kabinda Papua Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha meninggal di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Kemudian Toni juga terlibat penembakan terhadap petugas Satgas COVID di Kabupaten Intan Jaya pada 22 Mei 2020, hingga menyebabkan Alemalik Bagau dan Heniko Somau meninggal. 

Sumber: fajar
Foto: Ilustrasi, aparat gabungan TNI-Polri melakukan pengejaran KKB di Papua. Foto: ANTARA News Papua/Satgas Humas Ops Nemangkawi
Lagi, Satu Anggota TNI Gugur Ditembak Teroris Papua, Ini Penjelasan Dandim Jayawijaya Lagi, Satu Anggota TNI Gugur Ditembak Teroris Papua, Ini Penjelasan Dandim Jayawijaya Reviewed by Admin Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar