Breaking News

Lomba Kretifitas Baris Berbaris Sebagai Sarana Pengembangan Wawasan Intelektual, Melatih Ketahanan Fisik Dan Mental Serta Kedisiplinan


Komando Bhayangkara - Sebanyak 14 Tim perwakilan 12 sekolah mengikuti Lomba Kreatifitas Baris Berbaris (LKBB) ke II resmi dibuka Bupati Tolitoli diwakili Asisten Sekretaris Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Moh. Nur Munawar  pada Jumat Sore (04/03) di Gedung Olahraga Mokondogan Tolitoli.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Tolitoli, dengan mengangkat tema  " Gempita Generasi Milenial Peduli Tanah Air. "

Pada kesempatan itu, Irfan, selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan antara siswa siswi se Kabupaten Tolitoli,  membentuk siswa dalam hal kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi,  menambah wawasan siswa tentang PBB,  mendorong terbentuknya pelatihan bela negara untuk SLTP sederajat dan paskibra SLTA sederajat,  membentuk dan meningkatkan kreatifitas siswa melalui PBB. 


Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 4 sampai tanggal 5 Maret 2022.

Sementara itu sambutan tertulis Bupati Tolitoli yang dibacakan Asisten Sekretaris Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir.  Muh.  Nur Munawar mengucapkan selamat datang kepada Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah serta seluruh peserta lomba keterampilan  baris berbaris ke II yang merupakan perwakilan dari berbagai sekolah yang akan berkompetisi pada lomba ini.  Sebagai pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tolitoli merasa patut berbahagia karena berkesempatan untuk melihat dari dekat bakat-bakat luar biasa yang dimiliki. 

Lanjut Bupati memberikan apresiasi kepada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) cabang  Tolitoli atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan lomba, dengan rasa bangga dan terima kasih pula disampaikan  kepada segenap panitia pelaksana yang telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran kegiatan lomba keterampilan  baris berbaris ke II di Kabupaten Tolitoli, sehingga dapat terlaksana sesuai harapan.

Baris-berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin dan bertanggung jawab, baris-berbaris adalah dasar dari kedisiplinan, kedisiplinan merupakan kunci bila kita ingin menggapai impian. 

Bupati mengharapkan dengan diselenggarakannya lomba baris-berbaris, sehingga dapat menjadi wadah bagi generasi muda, dalam hal ini para pelajar sebagai generasi millenial untuk mendedikasikan dirinya sebagai manusia yang mampu menumbuhkan, mengembangkan dan melestarikan nila-nilai luhur bangsa serta menumbuhkan jiwa patriotisme dalam diri serta cinta akan penciptanya. Lomba kegiatan baris berbaris selain bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan para pelajar, juga agar dapat meningkatkan prestasi dan kemampuan dalam peraturan baris-berbaris atau PBB, menjadi sarana dalam menambah pengalaman dalam berlomba, menjadi perekat persatuan dan kesatuan, dan juga untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi peningkatan dan pengambangan keterampilan baris-berbaris di kalangan pelajar. selain itu melalui kegiatan lomba baris-berbaris, setiap peserta baik siswa-siswi SMP maupun SMA dan SMK dapat mengikuti perlombaan dengan penuh semangat, mengingat ini adalah langkah awal dalam menjadi seorang paskibraka baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. sehingga dengan lomba ini bisa dijadikan sebagai sarana pengembangan wawasan intelektual, melatih ketahanan fisik dan mental serta kedisiplinan.

Diakhir sambutan Bupati mengingatkan bahwa melalui kegiatan lomba baris-berbaris, dapat memberikan dasar keterampilan baris-berbaris bagi anak muda, khususnya para pelajar, serta mendorong kerjasama antara generasi muda untuk ikut berperan dalam pengembangan kualitas didaerah,  sejalan dengan  salah satu misi dari pemerintah Kabupaten Tolitoli yakni meningkatkan sumber daya manusia, kualitas hidup masyarakat yang lebih maju dan berdaya saing.

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli,  Plt Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tolitoli Ir. Safriati Datuamas beserta jajarannya, Pimpinan Bank Rakyat Indonesia Cabang Tolitoli dan Pimpinan Bank Syariah Indonesia Cabang Tolitoli, Sekretaris Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Sulawesi Tengah, Para Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Tolitoli, Panitia pelaksana dan para Peserta lomba. 

Reporter dan Fotografer :  ASRIATI
(Tim Liputan Bagian Prokopim
Setdakab Tolitoli) (red MKB)
Lomba Kretifitas Baris Berbaris Sebagai Sarana Pengembangan Wawasan Intelektual, Melatih Ketahanan Fisik Dan Mental Serta Kedisiplinan Lomba Kretifitas Baris Berbaris Sebagai Sarana Pengembangan Wawasan Intelektual, Melatih Ketahanan Fisik Dan Mental Serta Kedisiplinan Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar