Breaking News

Jenderal Andika Sampaikan Perintah Tegas Soal Penumpasan KKB Papua, ‘Jangan Sampai Ada Masalah Baru’


Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan pernyataan tegas soal penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Andika mewanti-wanti jangan sampai ada masalah baru.

Jenderal Andika memastikan bahwa proses penumpasang KKB akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Dia menjelaskan, yang menjadi salah satu pengaruh operasi penumpasan akan berlangsung jangka panjang adalah penguasaan medan yang dominan oleh para KKB.

“Posisi kita sama seperti di Sulawesi Tengah lewat pola satuan operasi, yang berjalan normal adalah operasi penegakan hukum, bekerja sama dengan Polri serta instansi lain,” kata Jenderal Andika seusai meninjau Pos Kotis Satgas Madago Raya di Poso, Sulteng, Jumat (13/5).

Jenderal Andika mengatakan keterlibatan TNI dalam operasi tersebut dikhususkan pada keamanan dan bersifat cukup terbatas.

Oleh karena itu, Jenderal Andika menegaskan, pihaknya dalam bertindak betul-betul memperhatikan rambu-rambu operasi supaya tidak menimbulkan masalah baru.

“Kami menjaga pola operasi sesuai dengan rambu-rambu yang ada, untuk menjaga jangan sampai ada masalah baru ataupun masalah yang lebih besar lagi,” ujar Jenderal Andika yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Jenderal Andika mengatakan terdapat dua kemiripan yang cukup menonjol antara operasi khusus penumpasan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso dengan operasi khusus di Papua, yakni medan yang terbilang sulit.

“Variabelnya cukup banyak, dan tantangannya itu berbeda-beda, di Papua dan Poso hanya medan operasinya saja yang sulit,” tuntas Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Sumber: pojoksatu
Foto: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (ist)
Jenderal Andika Sampaikan Perintah Tegas Soal Penumpasan KKB Papua, ‘Jangan Sampai Ada Masalah Baru’ Jenderal Andika Sampaikan Perintah Tegas Soal Penumpasan KKB Papua, ‘Jangan Sampai Ada Masalah Baru’ Reviewed by Admin Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar