Breaking News

Masa Orientasi Selesai, 95 Bintara Otsus Pulang Ke Papua


Komando Bhayangkara, Brebes - Sembilan puluh lima prajurit TNI AD Abituren Dikjurba Otsus (Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus) Papua yang telah melaksanakan masa orientasi tugas selama setahun di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma, dikembalikan ke kesatuannya masing-masing di Rindam, sebelum nantinya ditugaskan ke wilayah.

Pelepasan dan pemberangkatan ke 95 Bintara Otsus Papua tersebut dilepas oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki dan Kasipersrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Harton, S.Pd., mewakili Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Sabtu (18/6/2022) dini hari di Rest Area 260 B Banjaratma, Brebes.

Mereka diberangkatkan dengan menggunakan 6 bus dari masing-masing Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang membina Bintara Otsus Papua menuju pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta dengan tujuan Kodam XVII /Cendrawasih dan Kodam XVIII /Kasuari, yang dipimpin Kapten Inf Puji Wahyono Danramil 15/Doro Kodim 0710/Pekalongan Korem 071/Wijayakusuma.

Ke 95 Bintara Otsus Papua tersebut, sebelum dikembalikan ke kesatuan induknya, dibina dan dididik oleh satuan-satuan jajaran Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0704/Banjarnegara 10 personel, Kodim 0710/Pekalongan 15 personel, Kodim 0711/Pemalang 10 personel, Kodim 0712/Tegal 20 personel, Kodim 0713/Brebes 20 personel, Kodim 0736/Batang 20 personel.

Selama setahun berada di satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma, para Bintara Otsus Papua tersebut ditempa agar menjadi prajurit teritorial yang profesional.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan selain mengabdi sebagai aparat pertahanan, para bintara itu juga menjadi penghubung antara masyarakat dengan TNI AD dimana nantinya mereka akan ditempatkan oleh satuan induk masing-masing. "Dari kemampuan mereka selama mengikuti masa orientasi ini, sangat menentukan keberhasilan tugas pokok di TNI Angkatan Darat diwilayah tugasnya", terang Danrem.



Dikatakan Kolonel Yudha, selama mereka melaksanakan orientasi berada di satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma, mereka diajak untuk mempelajari geo, demo dan komsos serta bidang-bidang lainnya dalam ilmu Teritorial, dan mereka langsung beraktivitas dengan masyarakat diwilayah. Selain itu, bagaimana mereka menguasai pola kepemimpinan di lapangan dan memiliki kemampuan teknis teritorial yang dekat dengan masyarakat.

Danrem berharap, setelah mereka menyelesaikan orientasinya diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusums, para bintara tetap meningkatkan kemampuannya yang telah didapat selama masa orientasi, guna untuk mendukung pelaksanaan tugas di kesatuan barunya. 

"Dengan kembalinya para Babinsa Otsus ke daerah asal mereka masing-masing, diharapkan nantinya mereka dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat Papua", pungkasnya. (bdn MKB)
Masa Orientasi Selesai, 95 Bintara Otsus Pulang Ke Papua Masa Orientasi Selesai, 95 Bintara Otsus Pulang Ke Papua Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar