Breaking News

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan: Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Sukodono Dalam Berbangsa dan Bernegara


Komando Bhayangkara, Sragen - Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada masyarakat Danramil 13/Sukodono Kodim 0725/Sragen Kapten Inf Rusdi  menyampaikan sosialisasi  wawasan kebangsaan Empat Pilar Kebangsaan untuk mencintai  tanah air dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di gedung KPRI Sukodono Ds Majenang Kec Sukodono Kab Sragen, Kamis ( 30/06/2022 ).

Kapten Inf Rusdi  pun menjelaskan, bahwa Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat khususnya di Kecamatan Sukodono. Gotong-royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan.

4 Pilar Kebangsaan antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Isi dari Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Pancasila sebagai Ideologi Negara, seperti yang kita tahu Pancasila sendiri berasal dari dua kata Sansekerta, yakni Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa. Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf Ke-4 Pembukaan Undang–undang Dasar (UUD) 1945.

Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) adalah hukum dasar tertulis, konstitusi Pemerintahan Negara Republik Indonesia. NKRI berasal dari singkatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri dari Sabang sampai Merauke. 

“ NKRI berdiri sejak proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta."Bhinneka Tunggal Ika merupakan motto atau semboyan Bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah berbeda–beda tetapi tetap satu,"tandasnya. (Agus Kemplu)
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan: Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Sukodono Dalam Berbangsa dan Bernegara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan: Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Sukodono Dalam Berbangsa dan Bernegara Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar