Breaking News

Usut Pistol Glock-17 Bharada E, Komnas HAM: Kami Akan Panggil Labfor untuk Balistik


Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan segera usut pistol Glock-17 yang dipakai Bharada E. Komnas HAM juga akan mengusut penggunaan senjata HS-9 oleh Brigadir J.

Tak hanya itu, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menyebut pihaknya telah mendapatkan waktu dan lokasi meninggalnya Brigadir J secara spesifik.

Dalam keterangannya, Choirul Anam menyebut akan menyelidiki penggunaan senjata Bharada E dan Brigadir J dengan memanggil Laboratorium Forensik (Labfor) Polri

"(Terkait) senjata, karakter senjata, bubuk, dan sebagainya, kami akan panggil Labfor dalam minggu ini. Kami akan sibuk di Komnas HAM," ungkap Choirul Anam kepada wartawan, Senin 25 Juli 2022.

Menurut Anam, Komnas HAM akan meminta keterangan dari Labfor perihal proyektil senjata.

Pihaknya juga nanti akan meminta keterangan Cyber Polri guna menyelidiki temuan CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo.

"Nanti Labfor untuk mengecek penggunaan senjata, karakter senjata adakah proyektil bagaimana jejak proyektil nanti kami panggil Labfor untuk balistik. Bagaimana soal CCTV, setelah ini kami akan ke sana. Kami akan memanggil Cyber kalau soal CCTV," tuturnya.

Komnas HAM kantongi waktu dan lokasi tewasnya Brigadir J

Meskipun Komnas HAM kantongi waktu dan lokasi meninggalnya Brigadir J, Choirul Anam yang merupakan bagian dari pemantauan dan penyelidikan kasus tersebut, belum bisa menyampaikan kepada media terkait waktu meninggalnya.

"Kesimpulannya nanti waktu dan lokasi meninggalnya Brigadir J enggak bisa diumumkan sekarang," imbuhnya. 

Lebih lanjut, menurutnya dari hasil penyelidikan tersebut, luka-luka yang ada di tubuh Brigadir J bisa menjadi bukti kapan waktu pastinya meninggal yang sebelumnya disebutkan oleh pihak kepolisian akibat aksi Polisi tembak Polisi dengan Bharada E di rumah  Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Kami punya informasi yang rigid akibat tadi itu terus kami punya informasi yang lain soal karakter dasar kronologi ini," paparnya. 

Tidak hanya waktu meninggalnya, Anam juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi lokasi dimana Brigadir J ini meninggal.

"Nyambung dengan ini kalau kita sesuaikan, kami punya waktu yang semakin rigid kapan Brigadir J ini meninggal dan dimana kemungkinan besarnya meninggal. Itu yang penting," tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Komnas HAM memintai keterangan dari tim Dokkes Polri berkenaan kasus baku tembak menewaskan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Pihak Komnas HAM menegaskan ingin meminta akses seluas-luasnya dalam penyelidikan itu.

"Komnas HAM punya kemauan melakukan penyelidikan sesuai dengan mandat Undang-Undang kami lakukan secara mandiri," terang Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Komnas HAM, Jakarta, Senin 25 Juli 2022.

Sumber: disway
Foto: Komnas HAM akan usut pistol Glock-17--PMJ NEWS
Usut Pistol Glock-17 Bharada E, Komnas HAM: Kami Akan Panggil Labfor untuk Balistik Usut Pistol Glock-17 Bharada E, Komnas HAM: Kami Akan Panggil Labfor untuk Balistik Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar