Breaking News

Catat! Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Akan Dilakukan Selasa Pagi


Pelaksanaan rekoonstruksi pembunuhan Brigadir J akan dilaksanakan pada Selasa pagi pukul 10.00 WIB, di Duren Tiga, Jakarta Selatan. "Informasi dari penyidik jam 10," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Senin. 

Rencananya rekonstruksi itu akan dihadiri oleh penyidik, jaksa penuntut umum, serta kelima tersangka dengan didampingi pengacara masing-masing. Tidak hanya itu, rekonstruksi juga akan dihadiri Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). "Fokus yang hadir besok penyidik, JPU, eksternal Komnas HAM dan Kompolnas. 

Untuk tersangka didampingi penasehat hukumnya," tambahnya. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana mengatakan, rekonstruksi akan dihadiri ketua tim jaksa penuntut umum yang telah ditunjuk dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Kejagung telah menunjuk 30 jaksa untuk mengawal penyelesaian perkara itu di persidangan. 

"Yang hadir nanti ketua timnya didampingi beberapa penuntut umum," kata Ketut. Ketut menambahkan bahwa rekonstruksi merupakan metode atau cara membangun proses pembuktian di tingkat penyidikan setelah tersangka dan saksi-saksi diperiksa. 

Sehingga, dengan adanya rekonstruksi itu memudahkan JPU melalukan pembuktian di persidangan melalui reka ulang setiap kejadian atau fakta hukum yang ada. Kelima tersangka yang dihadirkan pada rekonstruksi ialah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi. 

Pengacara keluarga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Haniz, menyatakan akan hadir mendampingi kliennya dalam rekonstruksi, Selasa. "Insya Allah akan hadir," kata Arman. 

Sementara itu, penasehat hukum Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapesy, mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terkait kehadiran kliennya dalam rekonstruksi, karena Bharada E saat ini berstatus sebagai kolaborator keadilan atau justice collaborator. 

"Pada prinsipnya (Bharada E) siap (hadir), cuma kami akan berkoordinasi dengan penyidik dan LPSK," kata Ronny.

Sumber: tvonenews
Kasus pembunuhan Brigadir J Sumber : Kolase tim tvonenews
Catat! Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Akan Dilakukan Selasa Pagi Catat! Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Akan Dilakukan Selasa Pagi Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar