Breaking News

Viral Video Diduga Uang Ferdy Sambo, Polri: itu Video Temuan Uang Palsu di AS


Polri membantah soal video viral di media sosial yang disebut sebagai  temuan uang Rp 900 miliar di bungker rumah Irjen Ferdy Sambo. Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa video tersebut adalah temuan kasus uang palsu Dollar di Atlanta, Amerika Serikat.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan temuan kasus uang palsu Dollar di Atlanta itu terjdi pada 2021 silam. Oleh sebab itu, Dedi menegaskan video tumpukan uang bernarasikan hasil sitaan Rp 900 miliar di bungker rumah Ferdy Sambo adalah hoaks. 

"Setelah ditelurusi oleh tim, ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta USA," kata Dedi dalam keterangan resmi, 24 Agustus 2022.

Dedi menyebut tim khusus memang melakukan penggeledahan di rumah Irjen Ferdy Sambo. Penyidik pun melakukan penyitaan beberapa barang bukti. Namun, tidak ada bunker berisikan uang Rp 900 miliar yang disita. 

Dedi mengatakan dalam penggeledahan tersebut tim khusus didampingi oleh Pengacara, Ketua RT, pihak keluarga dan penyidik lainnya. 

"Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti di persidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro justitia," ujar Dedi. 

Sebelumnya, kabar temuan uang Rp900 miliar di rumah Ferdy sempat berembus di media sosial. Uang itu disebut ditemukan penyidik saat tim khusus polri menggeledah rumah Ferdy pada Selasa, 9 Agustus lalu. Penggeledahan itu dilakukan dalam rangka penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Timsus disebut menemukan uang ratusan miliar rupiah dalam penggeledahan rumah di Jalan Bangka XI. Anggota Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto menyatakan bahwa uang itu sedang didalami asal usulnya.

“Itu bukan menemukan, melainkan diperkirakan sudah ada di situ. Kami sedang mendalami. Jadi, kami belum bisa memberi keterangan lebih mengenai hal itu," ujar Albertus kepada Koran Tempo, Rabu, 17 Agustus 2022.

Albertus enggan mendetailkan informasi tersebut. Sumber Tempo menyebutkan bahwa uang tersebut dalam pecahan dolar Singapura.

Temuan uang itu membuat harta kekayaan Ferdy Sambo semakin menjadi sorotan. Sebelumnya, mantan pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Deolipa Yumara, sempat menyatakan bahwa kliennya diiming-imingi Ferdy uang Rp1 miliar agar mau mengaku sebagai penembak Yosua. Selain itu, Ferdy juga mengiming-imingi dua tersangka lainnya, Brigadir Ricky Rizal dan Kuat Maruf uang sebesar masing-masing Rp500 juta.

"Itu kan omongannya si Richard, di BAP juga ada itu (diiming-imingi uang). Totalnya Rp2 miliar, Bharada E Rp1 miliar, Ricky Rp500 juta, Kuat Rp500 juta," ujar Deolipa.

Hingga saat ini, berapa jumlah kekayaan Ferdy Sambo tak diketahui persis.  Pasalnya, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)-nya tak muncul di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK menyatakan dokumen yang diserahkan oleh suami dari Putri Candrawathi itu belum lengkap. 

Sumber: tempo
Foto: Tangkap Layar/Net
Viral Video Diduga Uang Ferdy Sambo, Polri: itu Video Temuan Uang Palsu di AS Viral Video Diduga Uang Ferdy Sambo, Polri: itu Video Temuan Uang Palsu di AS Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar