Breaking News

Ajaib! Sempat Tertelan, Kunci Gembok di Perut Bocah Ini Hilang saat Akan Dioperasi


M Zulzalaly Walikhrom atau Izul, anak yatim asal Kelurahan Lemahabang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat tak sengaja menelan kunci gembok pintu rumahnya. Ajaibnya, kunci tersebut hilang saat akan dilakukan operasi.

Bocah 8 tahun itu bisa bernapas lega, karena saat hendak menjalani operasi pengangkatan kunci di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo, Jakarta, anak kunci yang bersarang di dalam lambungnya tersebut tidak ditemukan. Diduga, anak kunci itu sudah keluar dari saluran pencernaannya, dan operasi pun batal dilakukan.

Dokter Spesialis Bedah Digestif di RS TNI AL Dr Mintohardjo, Pribadi Arif mengatakan, untuk memastikan posisi anak kuncinya, pihak rumah sakit telah melakukan pemeriksaan penunjang medis atau radiologi. Namun hasil dari pemeriksaan tersebut, anak kunci yang bersarang dalam lambung Izul sudah tidak ditemukan.

"Alhamdulillah, ternyata ususnya mungkin mampu beradaptasi, sehingga anak kuncinya itu bisa mengikuti gerakan peristaltik usus. Terus tanpa disadari oleh pasien, anak kuncinya bisa keluar lewat BAB, dan sekarang sudah tidak ada," katanya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (23/9/2022).

Selain itu, masih disampaikan Dokter Pribadi Arif, setelah dilakukan pemeriksaan dan analisa medis, saluran pencernaan dalam tubuh Izul juga tidak mengalami masalah apapun.

"Yang kita takutkan ada infeksi, mungkin juga pendarahan akibat anak kunci yang melewati sepanjang saluran pencernaan itu. Namun, setelah kita periksa dan kita analisa tidak ada masalah," ujarnya.

Dokter Pribadi Arif menyatakan, saat ini kondisi Izul sendiri dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Oleh karenanya, jika dalam beberapa waktu dipastikan tidak ada masalah, maka Izul dapat diperbolehkan pulang kembali ke rumahnya.

"Ke depan kita hanya melakukan observasi, tapi kalau tidak ada masalah maka sudah boleh pulang," ucapnya.

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah telah memfasilitasi seluruh keperluan Izul dan keluarga saat berangkat ke Jakarta pada Kamis, 22 September 2022 malam.

"Untuk biaya pengobatan di RS TNI AL Dr Mintohardjo Insya Allah akan dibantu pihak rumah sakit atau Pak KASAL. Terus dari kita juga dari kemarin sudah siap," kata Nina.

Di sisi lain, Nina mengimbau, kepada para orangtua agar berhati-hati dalam mengawasi anak-anaknya. Supaya kejadian yang menimpa Izul saat ini, tidak terulang kembali kepada anak-anak yang lain.

Ia juga berpesan, jika masyarakat mengalami sesuatu yang mendesak dan membutuhkan pertolongan medis agar segera mendatangi rumah sakit atau yang terdekat adalah puskesmas.

Sementara, Ibunda Izul, Nina Listiana (40), menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina dan pihak Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo Jakarta yang telah membantu pengobatan anaknya tersebut.

"Saya sangat bersyukur karena anak saya sudah mendapat bantuan dari ibu Bupati dan TNI AL. Semoga anak saya bisa segera sembuh seperti sebelumnya dan dapat bersekolah lagi," tuturnya.

Sumber: okezone
Foto: Izul, bocah yang menelan kunci di Indramayu (Foto: Andrian Supendi)
Ajaib! Sempat Tertelan, Kunci Gembok di Perut Bocah Ini Hilang saat Akan Dioperasi Ajaib! Sempat Tertelan, Kunci Gembok di Perut Bocah Ini Hilang saat Akan Dioperasi Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar