Breaking News

Mahfud MD: Hacker Bjorka Sudah Terindentifikasi!


Menkopolhukam Mahfud MD melalui kanal Youtube memberikan hasil penelusuran timsus setelah rapat dengan Kepala BIN Budi Gunawan, Menkominfo Johnny G. Plate, BSSN, dan Kapolri.

Mahfud menyebutkan bahwa timsus sudah mengetahui gambaran sosok dibalik Bjorka yang mampu gemparkan Indonesia belakangan ini.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan kapolri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud saat memberikan keterangan pers pada Rabu, (14/9/2022).

Mahfud juga menjelaskan bahwa timsus sudah memiliki alat mendukung untuk melacak sosok dibalik Bjorka, serta keberadaannya yang juga sempat menjadi pembicaraan hangat di sosial media. Meski begitu, Mahfud masih enggan menyebutkan lokasi tepatnya dari sosok Bjorka ini.

“Gambaran-gambaran siapa dan dimananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” jelas Mahfud.

Menurut timsus, Bjorka merupakan salah satu hacker yang tidak begitu memiliki keahlian khusus dalam membocorkan data negara. Meski begitu, peristiwa kebocoran data ini tetap menjadi pelajaran bagi negara.

“Bahkan kalau dari hasil kesimpulan kami apa yang disebut Bjorka ini tidak punya keahlian, kemampuan untuk membobol yang sungguh-sungguh hanya memberitahu kita bahwa kita harus hati-hati, kita bisa dibobol dan sebagainya,” sambung Mahfud.

Berkaitan dengan Bjorka, Mahfud menyebutkan bahwa belum ada motif pasti dari aksi dan serangan yang dilakukan Bjorka terhadap sejumlah pihak maupun masyarakat Indonesia.

“Motifnya ternyata juga gado-gado, ada motif politik, motif ekonomi, motif jual beli gitu, dan lain sebagainya. Sehingga juga yang motif-motif kayak gitu sebenarnya ga ada yang terlalu membahayakan,” kata Mahfud.

Sumber: inilah
Foto: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengumumkan pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Data saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Rabu (14/9/2022)/Tribunnews.com/Gita Irawan
Mahfud MD: Hacker Bjorka Sudah Terindentifikasi! Mahfud MD: Hacker Bjorka Sudah Terindentifikasi! Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar