Breaking News

Tanaman Hias Yang Memiliki Segudang Manfaat, Tiga Manfaat Daun Karet Kebo

 


Komando Bhayangkara, Banjarnegara -- Pamiarsa yang semu salam sehat baik jasmani dan rohani, dalam kesempatan kali ini Bumi Sehat Banjarnegara bersama dr. Agus Ujianto,Msi.Med.,SpB. Mengupas Manfaat daun karet kebo buat kesehatan. 


Daun karet kebo yang memiliki nama latin Ficus elastica ini, merupakan jenis tanaman hias yang banyak dijumpai di kawasan Asia Selatan dan tenggara, termasuk di Indonesia.


Sebagai tanaman hias, daun karet kebo tidak membutuhkan perawatan khusus agar dapat hidup atau tumbuh dengan baik. Yap, hal ini karena tanaman karet kebo dapat bertahan bahkan di lingkungan yang cukup ekstrem, seperti ditempat yang cukup tandus atau kekurangan air.



Tanaman karet kebo juga mampu hidup dengan baik saat berada di negara dengan iklim tropis dan sub tropis, seperti halnya Indonesia.


Namun, tahukah kamu? kalau tanaman hias yang satu ini pun teryata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Khususnya bagian daunnya.


Manfaat Daun Karet Kebo

Yap, sejak bertahun-tahun silam daun karet kebo telah sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat alami untuk menurunkan hipertensi alias tekanan darah, mencegah penyakit stroke, mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi, hingga mengatasi kolesterol tinggi. Kita bahas satu-persatu ya!


1. Mencegah penyakit stroke

Stroke sendiri merupakan gangguan peredaran darah pada otak yang mengakitbatkan kerusakan hingga kematian pada sel-sel yang ada di otak kita. Ada dua jenis stroke, yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik. Dan menurut penelitian yang telah dilakukan UGM beberapa waktu lalu, daun karet kebo ternyata cukup berkhasiat untuk mencegah terjadinya stroke iskemik. Yakni stroke yang menyerang sistem saraf pusat. Kandungan antiinflamasi, antiparasit, dan antikanker yang ada pada bagian batang dan daun karet kebo dianggap mampu mengurangi resiko serangan stroke secara tiba-tiba. Cukup cuci bersih bagian batang dan daunnya, lalu rebus, dan minum air rebusannya.


Namun, tentu saja hal ini mesti dibarengi dengan gaya hidup sehat


2. Mengatasi rasa sakit atau nyeri pada sendi

Di poin pertama tadi kita telah sama-sama membahas bahwa daun karet kebo memiliki sifat antiinflamasi. Nah, sifat inilah yang membuat daun karet kebo diyakini bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri dibagian sendi. Bahkan hingga penyakit asam urat. Senyawa polifenol yang ada dalam tanaman karet kebo juga bermanfaat untuk menangkal serangan radikan bebas.


3. Menjaga kesehatan lambung, kandungan glukosida cacirin, carpaine, papain, lisosim, lipase, chymopapain, glutamin, dan siklotransferase yang ada dalam tanaman karet kebo juga diyakini mampu mencegah terjadinya radang lambung dan berbagai masalah gangguan pencernaan. Kandungan papain yang ada di dalam tanaman karet kebo bahkan dapat membantu mencerna protein didalam lambung.


Nah, itulah 3 manfaat daun karet kebo, tanaman hias yang memiliki segudang manfaat. Namun sebelum mulai mengkonsumsinya, ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal ini lebih dulu pada ahlinya. Terlebih bagi kamu yang memiliki beragam riwayat penyakit. Agar jangan cuman sampai terjadi reaksi sensitif yang tidak diinginkan pada tubuh saat kita mengkonsumsi rebusan daun  kebo tersebut.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat pemiarsa pembaca semua. ( Nur S)(red MKB)

Tanaman Hias Yang Memiliki Segudang Manfaat, Tiga Manfaat Daun Karet Kebo Tanaman Hias Yang Memiliki Segudang Manfaat, Tiga Manfaat Daun Karet Kebo Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar