Breaking News

Viral! Truk Tinja Buang Limbah di Cawang Bikin Resah Warga


Sebuah video viral di media sosial menampilkan sebuah truk tangki pengangkut tinja baru selesai membuang limbah di saluran air yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Video yang diunggah oleh akun @merekamjakarta tersebut, menjelaskan dalam narasinya, pengemudi Truk Tinja Bernomor Polisi B 9621 UFA, sengaja membuang isi truk ke saluran air, pada sekira pukul 07.45 WIB, Minggu (20/11/2022).

Salah satu warga Cawang, Ardian (24) mengaku resah dengan adanya tindakan truk tangki yang semena-mena tersebut. Ia menyampaikan saat mendapati truk tangki tersebut membuang limbah, sejumlah warga memergoki tindakan tidak tertib supir truk tersebut.

"Beruntung ada sejumlah pengendara hendak melintas sempat melihatnya pada truk tinja yang sengaja membuang dan langsung kabur tadi," Kata Ardian kepada awak media.

Ardian menuturkan, pelaku sudah terlanjur membuang sebagian isi tinja ke saluran air uang berada tepatnya di depan hutan kota UKI cawang. Ia mengatakan, supir bergegas pergi saat diteriaki oleh sejumlah pengendara, termasuk perekam video viral tersebut.

"Bahkan sampai saat Ini sisa cairan tinja masih terihat di lokasi," ucap Ardian.

Ardian menyampaikan, tindakan supir truk tangki tersebut, meresahkan warga sekitar karena telah mencemari lingkungannya. Ia mengaku terganggu dengan tindakan supir tersebut.

"Mungkin bisa segera diberikan sanksi oleh petugas kepada supir tersebut. Jujur, kami merasa terganggu, terlebih itu fasilitas umum. Sekarang saja bau tinjanya jadi kemana-mana," tutur Ardian.

Di sisi lain, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kini tengah menyelediki supir truk tinja yang kedapatan membuang limbah domestik di saluran air kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, mengatakan jajarannya sedang mencari sopir dari truk tinja yang terekam kamera warga membuang limbah domestik tersebut.

"Sedang kita cari truk tankinya," kata Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi.

Yogi mengungkapkan, apabila sopir truk tersebut terbukti melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi mulai dari denda hingga pencabutan izin.

"Sanksi bisa berupa denda dan bukan menutup kemungkinan dicabut izinin jika berulang melanggar," terang Yogi.

Sekadar informasi, terlihat dari video amatir warga yang sengaja merekam truk tersebut, menampilkan truk bergegas pergi. Warga berhasil memergoki sang pengemudi yang sengaja membuah isi tinja ke saluran air dikawasan tersebut.

Supir truk yang panik langsung melarikan diri saat diteriaki oleh saksi mata, aksi Tak terpuji Ini dilakukan oleh supir truk saat situasi lalu lintas tengah sepi.

"Satu unit truk sedot tinja terpergok warga sedang membuang limbah tinja di lubang selokan Jalan Cawang UKI dekat Hutan Kota Cawang UKI, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Minggu (20/11/2022) sekitar pukul 07.45 WIB," tulis narasi unggahan tersebut.

"Warga sempat meneriaki pembuang tinja tersebut. Pengemudi truk sedot tinja langsung kabur," lanjut keterangan narasi @merekamjakarta.

Sumber: okezone
Foto: Truk buang muatan tinja sembarangan (Foto: Tangkapan layar IG/@merekamjakarta)
Viral! Truk Tinja Buang Limbah di Cawang Bikin Resah Warga Viral! Truk Tinja Buang Limbah di Cawang Bikin Resah Warga Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar