Breaking News

3 Alasan Bung Karno Sering Kenakan Seragam Militer dan Bawa Tongkat Komando


Soekarno merupakan sosok yang dikenal sebagai pemimpin karismatik. Presiden pertama RI ini identik dengan penampilannya yang suka memakai jas bergaya militer.

Pakaian tersebut kemudian dipadukan dengan peci dan kacamata hitam. Tak ketinggalan, Bung Karno juga membawa tongkat komando yang terbuat dari kayu.

1. Dikomentari Letjen TB Simatupang

Namun, penampilan Bung Karno yang bergaya ala militer itu mendapatkan komentar dari dari Letnan Jenderal (Purn) TB Simatupang. TB Simatupang saat itu mengatakan bahwa Bung Karno takut tidak dihormati jika tidak mengenakan pakaian wibawanya itu.

2. Bung Karno Sebagai Panglima Tertinggi

Ada alasan di balik itu, yang membuat Bung Karno selalu menggunakan seragam militer. Hal ini terkuak dalam wawancara yang dilakukan Cindy Adams kepada Soekarno, dalam proses pembuatan buku biografi sang Presiden tersebut.

Saat itu, jurnalis asal Amerika Serikat tersebut menanyakan kepada Soekarno tentang alasan dia selalu mengenakan seragam berupa jas dengan gaya militer. Dijawab oleh Soekarno, sebagaimana tertuang dalam buku My Friend the Dictator, bahwa dirinya memakai seragam disebabkan ia adalah Panglima Tertinggi.

Menurut Soekarno, rakyat yang dipimpinnya sudah sangat lama dijajah Belanda. Rakyat Indonesia telah dijadikan koloni selama ratusan tahun dan diperbudak oleh penjajah. Oleh karena itu, kata Soekarno, setelah ia memproklamirkan kemerdekaan, ia harus memberikan sebuah citra berwibawa yang menjadi suatu kebanggaan. "Maka aku selalu memakai seragam,” tutur Soekarno.

3. Tampil Gagal dengan Seragam Militer

Ketika diangkat menjadi pemimpin rakyat dan negaranya, Soekarno menyadari bahwa rakyatnya membutuhkan tokoh pahlawan. Dengan mengenakan pakaian seragam bak militer, Soekarno menghadirkan penampilan yang sesuai dengan apa yang diinginkan rakyat.

Soekarno sendiri mengaku bahwa dirinya memang lebih suka memakai seragam, yang membuatnya terlihat lebih pantas ketika tampil di depan umum. Sementara, bagi rakyat yang dipimpin Soekarno, kegagahan sang pemimpin dalam balutan seragam militer menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Sumber: okezone
Foto: Soekarno/Tangkapan layar media sosial
3 Alasan Bung Karno Sering Kenakan Seragam Militer dan Bawa Tongkat Komando 3 Alasan Bung Karno Sering Kenakan Seragam Militer dan Bawa Tongkat Komando Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar