Breaking News

Benarkah Bola Mata Seorang Anak di Kalbar Pecah Karena Main Lato Lato? Begini Penjelasannya


Sebuah foto viral di aplikasi chat WhatsApp, dimana disebutkan dalam narasi foto itu bahwa bola mata seorang anak pecah karena main lato lato.

Memang benar lato lato telah memakan korban, hingga menyebabkan bagian mata seorang anak cidera.

Kejadian ini dialami oleh seorang bocah di di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar).

Banyak netizen yang kemudian mencari informasi lebih jauh soal anak-anak yang jadi korban main lato lato ini.

Kata kunci yang dibuat beragam, mulai dari: bola mata pecah, lato lato kena mata, main lato lato kena mata, kecelakaan lato lato, hoax lato lato, lato lato mata, anak kena lato lato, korban main lato lato hingga bahaya lato lato.

Kata kunci tersebut ditulis dengan tujuan mencari informasi lebih jauh soal seorang anak jadi korban main lato lato.

Untuk itu, ini jawaban soal seorang anak jadi korban mainan lato lato yang mana mengenai bagian matanya.

Mengutip Kompas.com, saat ini, hampir setiap waktu di setiap daerah terdengar suara "tok tok", tanda dua bola  lato-lato saling beradu.

Akan tetapi, masyarakat khususnya para orang tua kini harus mengingatkan kepada anak-anaknya agar berhati-hati saat memainkan  lato-lato.

Pasalnya, anak usia 8 tahun di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), harus menjalani operasi mata usai bermain  lato-lato.

Kronologi kejadian

Anak berinisial AN itu pulang ke rumah dengan mata merah selepas bermain  lato-lato di rumah temannya.

"Waktu itu AN lagi main  lato-lato di rumah temannya, terus setelah pulang saya lihat matanya sudah merah," kata ayah korban, AJ, kepada TribunPontianak.com, Sabtu (7/1/2023), dikutip Kompas.com pada Minggu (8/1/2023).

AJ mengatakan, awalnya sang anak enggan menceritakan kejadian yang membuat matanya terluka.

"Saya bujuk akhirnya dia cerita. Jadi pada saat main,  lato-latonya pecah terus serpihannya tertancap di matanya,” ujar AJ.

Usai mengetahui penyebab mata anaknya terluka, AJ beserta anggota keluarga lainnya segera membawa AN ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.

"Awal kejadian itu kami bawa dulu ke Kimia Farma kemudian mendapatkan rujukan ke RSUD Soedarso. Setelah dirawat ternyata harus di operasi dan berjalan lancar," ucap AJ.

AJ menjelaskan, kondisi anaknya kini mulai membaik usai menjalani operasi. Mata AN pun masih bisa melihat meski pandangannya masih sedikit buram.

"Sekarang sih sudah mulai membaik, kami juga dikasih obat tetes yang harus rutin diberikan, cuma pandangan (AN) masih kabur dan matanya merah," jelasnya.

Bukan terjadi di sekolah

Plt Kepala Sekolah SDN 07 Sungai Raya, Sulistini menekankan, kejadian yang menimpa AN bukan terjadi di sekolah, melainkan di lingkungan rumahnya saat periode libur sekolah.

Hal ini dia tekankan sebab informasi yang beredar di media sosial menyebut mata AN terluka saat bermain  lato-lato di lingkungan sekolah.

“Yang beredar di media sosial itu sebenarnya bukan terjadi di sekolah. Waktu itu (saya) hanya mengimbau saja kepada guru-guru untuk melarang anak murid membawa lato-lato ke sekolah dan kejadiannya bukan di sekolah,” pungkasnya.

Sumber: tribunnews
Foto: Seorang anak menjadi korban mainan lato lato yang viral/Istimewa
Benarkah Bola Mata Seorang Anak di Kalbar Pecah Karena Main Lato Lato? Begini Penjelasannya Benarkah Bola Mata Seorang Anak di Kalbar Pecah Karena Main Lato Lato? Begini Penjelasannya Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar