Breaking News

Pulau Gunung Lumpur di Tanimbar Akan Diteliti PVMBG, Kejadian Serupa Pernah di Nias


Pulau gunung lumpur di Kepulauan Tanimbar yang muncul usai gempa magnitudo 7,5 SR akan diteliti PVMBG. Kejadian serupa pernah terjadi di Nias tahun 2005 lalu.

Tumpukan material berbentuk pulau serupa juga pernah terjadi di Nias usai gempa 2005 silam.

“Pengangkatan pernah terjadi pasca gempa Nias tahun 2005 yang menandakan bukti sesar atau patahan naik di barat Pulau Nias,” kata Penyelidik Bumi Madya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Supartoyo, Selasa (10/1/2023).

Dia berharap munculnya pulau di Tanimbar itu tidak berbahaya. Dia menyampaikan pihaknya akan mendatangi lokasi dan mengambil sejumlah data untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

“Nah itu kita perlu data untuk ini, apakah ini data luas atau hanya setempat. Kalau hanya setempat pun jadi pertanyaan kenapa hanya di situ, di tempat lain tidak,” katanya.

Dia berharap di Tanimbar ini tidak membahayakan atau relatif tidak membahayakan setelah fenomena tersebut muncul.

“Kami merencanakan ada tim yang ke sana, kami diskusi dulu karena kesampaian di daerah sanannya kan nggak mudah,” katanya.

“Kita diskusikan, kita usulkan ada tim yang ke sana bisa mengambil berbagai data termasuk koordinat,” imbuhnya.

Supartoyo belum dapat memastikan apakah tumpukan material menyerupai pulau itu sama seperti tumpukan material di Nias. Dia menyebut perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut.

“Untuk daerah di Kepulauan Tanimbar mungkin perlu data geologi sebanyak mungkin sebelum menyimpulkan fenomena tersebut,” ujarnya.

Supartoyo menyampaikan tumpukan material yang terbentuk di Nias saat itu tersebar di sejumlah tempat.

Meski demikian, tumpukan material menyerupai pulau di Tanimbar berada di zona yang sama dengan di Nias yakni penunjaman yang sifatnya collision tidak menghasilkan magma.

“Jadi kalau di Nias itu kan agak luas sebarannya, jadi bukan setempat satu pulau. Kalau yang Tanimbar ini saya kurang tahu, apakah hanya lokal atau ada tempat lain juga yang mengalami seperti ini,” katanya.

“Mungkin saya perlu data-datanya, koordinat kemudian sebaran yang material terangkat ini apakah hanya di sini aja atau juga di tempat lain,” kata Supartoyo.

“Kalau di Nias dia agak sedikit luas lalu kesimpulannya berkaitan dengan patahan lain yang ada di sana pada zona penunjaman,” ujarnya.

“Kalau untuk kasus Tanimbar ini kan zona penunjaman juga cuma dia sifatnya istilahnya collision, benturan antara dua lempeng yang tidak menghasilkan magma, tidak menghasilkan vulkanik gunung api,” jelasnya.

Supartoyo menuturkan berbeda dengan di Nias dan Tanimbar, material berbentuk pulau yang ada di Sumatera dan Jawa menghasilkan magma karena berada di zona yang berbeda. Sehingga terbentuk gunung berapi.

“Kalau di Sumatera, Jawa, itu kan benturan antar lempeng menghasilkan magma dan mengakibatkan terbentuknya serangkaian gunung berapi,” katanya.

“Kalau di laut ini nggak, istilahnya collusion, jadi kira-kira hampir sama dengan di Himalaya collision,” ucapnya.

Sebelumnya, BMKG menyatakan kemunculan pulau baru di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, sebagai fenomena alam biasa. Pulau baru ini merupakan gunung lumpur.

Pulau baru ini muncul dari permukaan laut di Kabupaten Kepulau Tanimbar tepatnya di Desa Teineman, Kecamatan Wuar Labobar usai gempa bumi magnitudo 7,5 pada Selasa dini hari (10/1).

“Sebenarnya peristiwa alam semacam ini merupakan fenomena alam biasa yang dikenal dengan istilah kemunculan gunung lumpur yang populer disebut sebagai mud volcano,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Selasa (10/1/2023).

Dia mengatakan gunung lumpur seperti di Tanibar ini terkadang muncul di permukaan beberapa saat usai terjadinya gempa kuat.

Dia menjelaskan, secara fisis, tekanan di dalam lapisan kulit bumi terakumulasi ketika cairan dan gas bawah tanah tidak dapat keluar akibat terjebak dalam lapisan sedimen. 

Sumber: pojoksatu
Foto: Pulau baru berupa gunung lumpur muncul usai gempa bumi kuat di Maluku pada Selasa dinihari 10 Januari 2023 (ist)
Pulau Gunung Lumpur di Tanimbar Akan Diteliti PVMBG, Kejadian Serupa Pernah di Nias Pulau Gunung Lumpur di Tanimbar Akan Diteliti PVMBG, Kejadian Serupa Pernah di Nias Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar