Breaking News

Erdogan Sanjung Kepedulian dan Bantuan Indonesia untuk Korban Gempa Turki


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap penanganan gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang negara itu pada Senin (6/2).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat mendengar langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembicaraan via telepon dengan Erdogan.

“Presiden Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga Pemerintah Indonesia,” kata Retno Mengutip Antara, Sabtu (18/2/2023).

Retno mengatakan bantuan dari Indonesia merupakan bantuan pertama yang diberikan dari negara kawasan ASEAN untuk penanganan gempa Turki dan Suriah.

Tim dari Indonesia juga turut menolong beberapa warga dari negara-negara ASEAN yang terdampak gempa di Turki. Selain itu, kata Retno, Pemerintah Indonesia sudah mengoperasikan rumah sakit lapangan untuk membantu korban gempa.

“Saya mendapatkan update dari waktu ke waktu dari duta besar kita,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia juga mulai menyiagakan helikopter untuk pengiriman logistik bagi korban gempa. Retno mengatakan Presiden Jokowi juga sudah berkoordinasi dengan tim dari Indonesia yang membantu penanganan gempa di Turki dan Suriah.

“Jadi, alhamdulillah semuanya sesuai dengan rencana. Masih akan ada satu kloter lagi yang akan kami kirim untuk Turki dan Suriah,” jelasnya.

Selain itu, dia melaporkan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia akibat gempa di Turki. Dua korban jiwa tersebut merupakan ibu dan anak. Sementara terkait jumlah WNI yang dirawat, dia belum bisa memastikan.

Dia menjamin KBRI di Ankara, Turki, dan Damaskus, Suriah, akan proaktif membantu para WNI terdampak gempa.

“Ada yang sedang dirawat. Saya harus cek lagi yang dirawat sekarang kondisinya seperti apa. Jadi, dari waktu ke waktu memang terjadi dinamika, dalam arti yang dirawat mungkin sudah sembuh dan sebagainya, tetapi yang dipastikan, yang ingin saya pastikan, adalah bahwa kami berada di lapangan. Kami terus berupaya mencari dan membantu, termasuk KBRI terus memberikan bantuan logistik yang diperlukan oleh para WNI kita,” ujar Retno Marsudi.

Sumber: inilah
Foto: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi para korban gempa di Kahramanmaras, Turki selatan (Foto: AP)
Erdogan Sanjung Kepedulian dan Bantuan Indonesia untuk Korban Gempa Turki Erdogan Sanjung Kepedulian dan Bantuan Indonesia untuk Korban Gempa Turki Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar