Breaking News

Oknum Polisi di Lampung Ditangkap Gegara Curi Motor Polisi di Kantor Polisi


Oknum polisi di Lampung Tengah, Provinsi Lampung diduga melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) milik rekannya sendiri sesama polisi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Lampung, Jumat (17/2/2023) bahwa oknum polisi tersebut mencuri motor milik rekannya sesama polisi di Polres Lampung Tengah, Polda Lampung.

Awak Tribun Lampung mencoba mencari kebenaran informasi tersebut terkait adanya oknum polisi melakukan pencurian motor di Polres Lampung Tengah.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad justru meminta awak media untuk menghubungi Kapolres Lamteng AKBP Doffie Pahlevi.

"Terutama pengawasan terhadap perilaku anggotanya, karena beliau sebagai atasan bertanggung jawab atas perilaku anggotanya," kata Kombes Pol Pandra.

Kombes Pol Pandra mengatakan, polisi harus bisa mempedomani 16 program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Sudah jelas dalam poin 14 dan 15 program prioritas Kapolri yakni pengawasan pimpinan dalam setiap kegiatan," kata Kombes Pol Pandra.

"Pimpinan harus mengawasi setiap anggota Polri," kata Kombes Pol Pandra.

Kombes Pandra menambahkan, poin 14 dan 15 tersebut merupakan bentuk pengawasan internal.

"Adapun pengawasan internal terhadap perilaku anggota Polri sesuai perkap nomor 2 Tahun 2022," kata Kombes Pol Pandra.

"Jadi disini para Kapolres dan Kapolresta sebagai penanggung jawab wilayah hukum selain memelihara kamtibmas," kata Kombes Pol Pandra.

Ia menuturkan pimpinan juga harus mau dan mampu mengawasi perilaku anggotanya sebagai anggota Polri.

Polisi itu harus berperilaku sesuai tri brata dan catur prasetya.

Kombes Pol Pandra mengatakan, Tri Brata yakni pertama berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.

Kedua menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga, senantiasa melindungi mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Polisi juga harus memiliki sifat catur prasetya, diantaranya yakni pertama meniadakan segala bentuk gangguan keamanan.

Kedua menjaga keselamatan jiwa raga harta benda dan hak asasi manusia (HAM).

Ketiga menjamin kepastian berdasarkan hukum dan keempat memelihara perasaan tentram dan damai.

"Kapolda Lampung saja mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan anggotanya," kata Kombes Pol Pandra.

Oknum Polisi Anggota Polsek Jabung Ditangkap Curi Motor

Motor dan tas diduga milik pencuri motor di sebuah kos di Kedaton Bandar Lampung tertinggal di TKP. Saat diperiksa, ditemukan seragam polisi dan KTA Polri yang bertugas di Polsek Jabung, Polres Lampung Timur.

Wakil Kepala Polres Lampung Timur Kompol Sugandhi Satria Nugraha, Rabu (15/2/2023) mengatakan bahwa KTA Polri dan SIM atas nama oknum polisi tersebut benar adalah oknum anggota Polsek Jabung.

Kompol Sugandhi Satria Nugraha juga menjelaskan bahwa oknum anggota Polsek Jabung tersebut kini diperiksa Propam atas dugaan pencurian kendaraan bermotor di salah satu indekos di Bandar Lampung.

"Sudah dijemput kasi Propam dan diserahkan ke Polsek Kedaton. Benar anggota Polsek Jabung. Karena TKP Kedaton penyelidikan dan penyidikannya diserahkan kepada Polsek Kedaton," kata Kompol Sugandhi.

Oknum anggota Polsek Jabung Polres Lampung Timur diduga terlibat kasus pencurian motor anak kos di Kampung Baru, Kedaton, Bandar Lampung pada Rabu (15/2/2023) dini hari.

Keterlibatan oknum anggota Polsek Jabung Polres Lampung Timur dalam kasus pencurian motor anak kos di Bandar Lampung terungkap setelah motor dan tas milik terduga pelaku tertinggal di TKP.

Saat diperiksa, ternyata dalam tas terdapat kartu tanda anggota Polri yang bertugas di Polsek Jabung dan juga seragam polisi.

Warga juga memeriksa CCTV masjid yang tak jauh dari lokasi dan terungkaplah sosok pencuri yang mencuri dua sepeda motor milik anak kos.

Oknum anggota Polsek Jabung Polres Lampung Timur kemudian ditangkap Propam karena diduga terlibat kasus pencurian motor di sebuah indekos.

Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menggasak dua motor milik penghuni indekos di Jalan Bumi Manti 4, Kampung Baru, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung

Pelaku meninggalkan motor Honda Beat putih biru dan tas berwarna cokelat di tempat kejadian perkara (TKP).

Dan saat diperiksa ternyata di dalam tas berisikan perlengkapan dinas Polisi, yakni seragam dan kartu tanda anggota yang berdinas di Polsek Jabung, Polres Lampung Timur.

Angga warga Jalan Bumi Manti 4, Kampung Baru, Kecamatan Kedaton mengatakan, pelaku curanmor menggasak motor milik penghuni indekos bernama Kia Trio Saputra (19).

"Ada dua motor yang digasak pelaku, satu motor merek Yamaha dan satu lagi Honda Beat hilang dicuri pelaku," kata Angga warga sekitar kejadian kepada Tribun Lampung, Rabu (15/2/2023).

Ia mengatakan, pelaku menggasak motor tersebut sekitar dini hari dan baru diketahui korban motornya raib pada subuh.

"Baru subuh korban melihat sepeda motornya raib di area parkir kamar indekosnya," kata Angga.

"Pelaku sempat membawa motor korban, tapi nahas motor dan tas pelaku tertinggal di lokasi kejadian," kata Angga.

Ia mengatakan, pelaku meninggalkan motor Honda Beat putih biru dan tas berwarna cokelat di tempat kejadian perkara (TKP).

"Pada saat diperiksa tas tersebut berisikan perlengkapan dinas Polisi yang berdinas di Polsek Jabung," kata Angga.

Angga mengatakan, perlengkapan polisi tersebut yakni pakaian dinas, kartu anggota, empat topi polisi (satu jenis baret), pisau, serta sejumlah surat dokumen kepolisian.

"Jadi motor matik milik pelaku dan tasnya berisikan perlengkapan kepolisian tertinggal tersebut sudah diserahkan kepada Polisi," kata Angga.

Angga mengatakan, korban kemudian meminta pertolongan warga dan penghuni kamar indekos lainnya.

Polisi juga sudah ke lokasi kejadian dan kemudian membawa sepeda motor dan tas berisi atribut kepolisian ke Mapolsek Kedaton.

Ketua RT 03 Lingkungan II, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung Rizal Andreas mengatakan, benar ada kejadian kehilangan motor di indekos Zaki.

"Saya dapat kabar itu pas saya salat subuh di Masjid Al Haq, jadi ada jamaah yang cerita ada anak kos meminta bukain CCTV Masjid Al Haq karena hilang motor," kata Rizal.

Ia mengatakan, Bhabinkamtibmas pukul 07.00 WIB menelponnya menanyakan apakah di indekos Zaki ada yang kehilangan motor.

"Saya jawab ke Bhabinkamtibmas bahwa pada subuh tadi ada mahasiswa yang minta dibukakan rekaman CCTV masjid dari situ kami baru tahu," kata Rizal.

Wakil Kepala Polres Lampung Timur Kompol Sugandhi Satria Nugraha, Rabu (15/2/2023) membenarkan pelaku yang diduga mencuri motor adalah oknum anggota Polsek Jabung.

Keterlibatan oknum tersebut, terungkap  setelah warga menemukan atribut Polri di TKP pencurian motor di indekos di Jalan Bumi Manti 4, Kampung Baru, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Rabu (15/2/2023) dini hari.

Kompol Sugandhi Satria Nugraha mengatakan oknum polisi tersebut kini telah dijemput propam dan diserahkan ke Polsek Kedaton.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengikuti proses hukumnya.

"Kami akan mengikuti proses hukumnya," kata Kompol Sugandhi.

Ia mengatakan, apabila dari hasil penyelidikan dan penyidikan terbukti bersalah maka kami ambil tindakan tegas.

"Adapun tindakan tegas yang akan kami ambil yakni kami akan melakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH)," kata Kompol Sugandhi.

Ia mengatakan, polisi dengan tegas akan memecat oknum tersebut apabila hasil penyelidikan dan penyidikan terbukti unsur pidananya.

Sementara Kapolsek Jabung IPTU Rudi S mengatakan, terkait informasi anggota Polsek Jabung yang terlibat curanmor di Bandar Lampung dirinya meminta untuk langsung konfirmasi kepada pimpinan.

"Tadi sudah saya telpon pak Wakapolres, dan beliau konfirmasinya kepada pimpinan," kata IPTU Rudi.

"Takutnya memberikan ini bukan wewenang kita ya, makasih ya mas. Jadi diharapkan satu pintu kepada Wakapolres," kata IPTU Rudi.

Sumber: tribunnews
Foto: Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menanggapi terkait adanya oknum polisi curi motor sesama anggota polisi di Lampung Tengah, Lampung/Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Oknum Polisi di Lampung Ditangkap Gegara Curi Motor Polisi di Kantor Polisi Oknum Polisi di Lampung Ditangkap Gegara Curi Motor Polisi di Kantor Polisi Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar