Breaking News

Kadis Ketapang Medan Dicopot Gegara Proyek Lampu Pocong, Kini Dalam Proses Pemeriksaan Inspektorat


Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot Syarifuddin Irsan Dongoran dari jabatan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (Ketapang) Kota Medan.

Pencopotan terhadap Syarifuddin ini terkait dengan proyek gagal lampu pocong. Sebab, pada tahun 2022 silam, Syarifuddin menjabat sebagai Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan yang menangani pengerjaan proyek lampu pocong.

Kini Syarifuddin dipindahtugaskan ke BPBD Medan. Sebagai penggantinya, Bobby menunjuk Sekretaris Dinas Ketapang Medan Meirnasari sebagai pelaksanaan harian.

"Iya, (Syarifuddin) dibebastugaskan dari jabatannya," kata Inspektorat Medan Sulaiman Harahap dikonfirmasi suarasumut.id, Jumat (12/5/2023).

Pencopotan Syarifuddin ini terjadi saat tim adhoc melakukan pemeriksaan pada 9 Mei 2023 silam. Usai dibebastugaskan, Syarifuddin Irsan Dongoran juga akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Inspektorat Medan.

"Dalam proses pemeriksaan ya, jadi (Syarifuddin Dongaran) dibebastugaskan dari jabatannya," ujar Sulaiman.

Inspektorat Medan juga menegaskan pemeriksaan terhadap Syarifuddin Irsan Dongoran ini terkait dengan proyek gagal lampu pocong.

"Iya, terkait dengan itu (lampu pocong)," tukasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkap hasil pemeriksaan inspektorat soal proyek lampu penerangan yang kerap disebut 'lampu pocong'.

Hasil pemeriksaan inspektorat menyebutkan kalau proyek 'lampu pocong' dengan anggaran mencapai Rp 21 miliar merupakan proyek gajal. Kontraktor pun diperintahkan untuk mengembalikan uang kepada Pemko Medan.

Selain meminta kontraktor harus mengembalikan uang pengerjaan proyek ke Pemko Medan, Bobby juga menegaskan akan membentuk tim Ad-hoc untuk melihat adanya kelalaian dari ASN.

Sumber: suara
Foto: Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (Ketapang) Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran. [dok Pemkot Medan]
Kadis Ketapang Medan Dicopot Gegara Proyek Lampu Pocong, Kini Dalam Proses Pemeriksaan Inspektorat Kadis Ketapang Medan Dicopot Gegara Proyek Lampu Pocong, Kini Dalam Proses Pemeriksaan Inspektorat Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar