Breaking News

Kenapa Harus Ada Pendidikan Ketarunaan Bagi Siswa SMK, Ini Alasannya


Komando Bhayangkara | Sragen - Sekolah merupakan suatu bentuk organisasi yang mempunyai budaya tersendiri dari sistem yang utuh dan khas. Kekhasan budaya sekolah tidak lepas dari visi dan proses pendidikan yang berlangsung. Suatu sekolah dapat membentuk dan mengatur budaya yang ada, karena pembentukan dan manajemen budaya sekolah yang baik akan mendukung terciptanya sekolah yang efektif (17/05/2023) 

Ketarunaan merupakan salah satu budaya yang dapat diterapkan di perguruan tinggi atau sekolah, lebih tepatnya Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/K) karena usia yang dinilai sudah cukup matang. Ketarunaan merupakan sistem pendidikan yang dapat dijumpai di beberapa Perguruan Tinggi, SMA, dan SMK di Indonesia.


“Ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer “ ujar Babinsa.

Bp. Faruk Umar,S.Pd sebagai guru pendamping mengatakan pelatihan taruna dilaksanakan bagi siswa selama satu semester. Program ini untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan cinta bangsa untuk mendukung pendidikan nasional. 

"Pendidikan ketarunaan ini ternyata juga disukai dunia usaha. Sebab, anak-anak jadi terbangun kedisplinan dan tanggung jawab. Karena itu, pendidikan taruna wajib buat semua siswa di SMK Binawiyata," kata Babinsa. (Agus Kemplu)
Kenapa Harus Ada Pendidikan Ketarunaan Bagi Siswa SMK, Ini Alasannya Kenapa Harus Ada Pendidikan Ketarunaan Bagi Siswa SMK, Ini Alasannya Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar