Breaking News

Pengukuhan Dandim 0726/Sukoharjo sebagai Bapak Asuh dan Bupati Sukoharjo sebagai Ibu Asuh Anak Stunting Sukoharjo


Komando Bhayangkara | Sukoharjo (08/05/23) - Bertempat di Atrium The Park Mall Grogol Solo Baru Jl. Ir. Soekarno Ds. Madegondo Kec. Grogol Kab. Sukoharjo, dilaksanakan Rembuk Stunting Festival dan pengukuhan Ibu H. Etty Suryani, S.E, M.M (Bupati Sukoharjo) sebagai Ibu Asuh Anak Stunting Sukoharjo serta Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo) sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Sukoharjo, Minggu (07/05/23).

Dikatakan oleh Bupati Sukoharjo bahwa Rembuk Stunting merupakan salah satu penjabaran 5 pilar dalam Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting, yaitu sebagai Pilar 1 Peningkatan Komitmen dan Visi Kepemimpinan di Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota, dan Pemerintah Desa.


Rembuk Stunting merupakan langkah penting yang dilakukan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/ lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

Festival Rembuk Stunting ini di kemas sebagai satu momentum penguatan pola yang terintegrasi antar komponen, antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dengan pihak ketiga (Swasta, dunia usaha, profesi dan perguruan tinggi), maupun dengan masyarakat langsung.

"Ini merupakan yang pertama kali di Jawa Tengah dan dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo melibatkan lintas OPD yang bersinergi untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Sukoharjo, dengan harapan Rembuk Stunting bisa menjadi proyek percontohan nasional," ungkap Bupati.

Kegiatan ini telah dilaksanakan mulai tanggal 3-7 Mei 2023 di The Park Mall Solo Baru, diikuti oleh berbagai stand pameran dari instansi terkait dengan rangkaian kegiatan edukasi, talk show, berbagai pertunjukan dan perlombaan.

Diakhiri dengan Ajang Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Duta Genre) dan Pengukuhan Bapak Ibu Asuh Stunting Kabupaten Sukoharjo serta Launching Anting Si Gana (Atasi anak Stunting dengan mengkonsumsi Algae Spirulina) yang merupakan inovasi potensi lokal, pemanfaatan Alga sebagai superfood dalam strategi percepatan penanganan kasus Stunting di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2023.


Pengukuhan kepada H. Etty Suryani, S.E, M.M (Bupati Sukoharjo) sebagai Ibu Asuh Anak Stunting Sukoharjo dan Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo) sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Sukoharjo oleh dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG., (Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) dilanjutkan pemakaian selendang pengukuhan kepada Ibu Asuh Stunting dan Bapak Asuh Stunting.

"Saya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Rembuk Stunting Festival ini, saya berharap kegiatan ini dapat mambantu Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dalam mencegah dan menurunkan kasus stunting di Kabupaten Sukoharjo," kata Bupati Sukoharjo.

Dalam sambutannya dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG., (Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) mengatakan bahwa Pemilihan Generasi Berencana ini sangat luar biasa, Genre tidak melakukan pernikahan dini dan semua Genre tidak terlibat Narkotika.

Anak-anak remaja kita butuh perhatian sekali karena pasti ada kelemahan-kelemahannya, sehingga Bapak dan Ibu semua agar memperhatikan anak kita, Mereka Duta Genre kita doakan semoga menjadi Bapak dan Ibu yang bermanfaat untuk keluarga dan kalau punya anak yang sehat terbebas dari stunting.

"Terima kasih kepada Ibu Bupati Sukoharjo dan Bapak Dandim Sukoharjo menjadi Ibu Asuh dan Bapak Asuh Stunting, perlu saya sampaikan saya sangat mengapresiasi bahwa produk lokal Alga ini menjadi suatu kebanggaan Kab. Sukoharjo, karena ini menjadi support untuk penambahan kekurangan gizi anak stunting," tutup dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa Program Pencegahan Stunting oleh Kodim 0726/Sukoharjo sebagai upaya untuk membantu Program Pemerintah dalam rangka membentuk keluarga sehat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara inovasi potensi lokal, pemanfaatan Alga sebagai superfood dalam strategi percepatan penanganan kasus Stunting di Kabupaten Sukoharjo


"Kodim 0726/Sukoharjo bersama masyarakat serta semua pihak ikut berpartisipasi dan berkolaborasi baik secara langsung maupun tidak langsung sangat berkomitmen untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dalam upaya pencegahan serta percepatan penurunan angka Stunting di Kabupaten Sukoharjo," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG., (Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional), H. Etty Suryani, S.E, M.M (Bupati Sukoharjo), Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo), Letkol Inf Aris Isnawan (Kasiter Rem 074/Warastratama), AKBP Sigit, S.I.K, M.H (Kapolres Sukoharjo), Bp. Wawan Pribadi, S.Sos., M.Si (Ketua DPRD Kab. Sukoharjo), Mohamad Nabil Haroen, S.Pd., M.Hum, (Anggota Komisi IX DPR RI), Ibu Dr. Hj. Titik Prasetyowati Verdi, S.H., M.H., (Anggota Komisi X DPR RI), Dra Retno Sudewi, Apt, M.Si, M.M (Kepala DP3AP2KB Prov. Jateng), Yunita Dyah Suminar (Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jateng), Imam Pasli, S.STP, M.Si (Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan) serta Hidayat, SKM, (Analis Kebijakan). (Agus Kemplu)
Pengukuhan Dandim 0726/Sukoharjo sebagai Bapak Asuh dan Bupati Sukoharjo sebagai Ibu Asuh Anak Stunting Sukoharjo Pengukuhan Dandim 0726/Sukoharjo sebagai Bapak Asuh  dan Bupati Sukoharjo sebagai Ibu Asuh Anak Stunting Sukoharjo Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar