Breaking News

Tembak Pemuda Gunungkidul di Acara Musik yang Mau Rusuh, Briptu Kharisma Tersangka dan Terancam Pecat


Briptu Muhammad Kharisma ditetapkan tersangka dan terancam dipecat atau PTDH usai tembak mati pemuda Aldi Apriyanto (19) di acara konser musik di Gunungkidul.

Dari rekaman video viral, terlihat Briptu Muhammad Kharisma berada di atas pentas konser musik dan menenteng senjata laras panjang sedang menghalau pengunjung yang seperti mau rusuh.

Tak jelas apakah polisi ini sengaja atau tak sengaja memantik senapan miliknya sehingga senpi laras panjang ini pun meletus dan mengenai Aldi dalam jarak dekat.

Atas kejadian itu, Briptu Muhammad Kharisma (28) telah ditetapkan sebagai tersangka.

Briptu Kharisma juga terancam disanksi pidana dan dipecat atau PTDH.

Kabid Propam Polda DIY Kombes Hariyanto mengatakan dalam peristiwa ini pihaknya telah melakukan pendalaman dan melakukan pemeriksaan terhadap Kharisma.

“Tersangka ditahan di Polda dan proses penanganan pidana maupun pelanggaran disiplin dan kode etik ditangani oleh Polda,” kata Kombes Hariyanto saat jumpa pers di Mapolda DIY, Senin (15/5/2023).

Hariyanto mengatakan sanksi terhadap Briptu MK akan ditetapkan dalam sidang etik. Tersangka bisa dikenakan sanksi maksimal yakni pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau dipecat.

Briptu Kharisma dianggap lalai dalam kejadian itu. Dia dipersangkakan Pasal 359 KUHP.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus menyampaikan permohonan maaf atas insiden tersebut.

Permintaan Edy diposting di akun Instagram Polres Gunungkidul, @polres.gunungkidul. Edy juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Aldi.

“Saya AKBP Edy Bagus Sumantri, S.I.K. selaku Kapolres Gunungkidul, perkenankan saya pada kesempatan ini, menyampaikan permohonan maaf dan turut berbela sungkawa yang sedalam dalamnya atas meninggalnya Saudara kita Aldi Apriyanto,” kata Kapolres, Senin (15/5/2023).

Briptu Muhammad Kharisma A (28) atau Briptu MK juga sudah ditetapkan sebagai tersangka. Edy menyampaikan pihaknya akan memproses kasus tersebut dengan profesional.

“Kejadian yang tidak sengaja yaitu saudara kita warga Kalurahan Nglindur, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul terkena letusan dari senjata api oleh anggota yang sedang melaksanakan pengamanan pertunjukan kesenian musik dangdut,” ujarnya.

Pemuda Karang Taruna Gunungkidul bernama Aldi Apriyanto (19) tewas usai kena tembak senjata Briptu Muhammad Kharisma saat acara bersih dusun diiringi konser musik dangdut. 

Sumber: pojoksatu
Foto: Briptu Muhammad Kharisma tak sengaja menembak pemuda di acara pentas musik di Gunungkidul hingga tewas (ist)
Tembak Pemuda Gunungkidul di Acara Musik yang Mau Rusuh, Briptu Kharisma Tersangka dan Terancam Pecat Tembak Pemuda Gunungkidul di Acara Musik yang Mau Rusuh, Briptu Kharisma Tersangka dan Terancam Pecat Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar