Breaking News

Viral Polemik Agnes Mo Kenakan Busana Bertuliskan Arab, NU-MUI Berikan Penjelasan


Isu lama tentang busana bertuliskan bahasa Arab yang Agnes Mo kenakan kembali menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Beberapa pihak menilai busana tersebut telah menistakan agama Islam. Namun, Tokoh Nahdlatul Ulama dari Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Taufik Damas, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Busana tersebut bertuliskan “Al Muttahidah”, yang jika mengartikannya ke bahasa Indonesia adalah persatuan. Taufik Damas menjelaskan bahwa memang Alquran berbahasa Arab dan ayat-ayatnya suci karena bermakna sama dengan Kalamullah di Lauh Mahfuz. Namun, ia menegaskan bahwa tidak semua tulisan atau bahasa Arab mengandung makna kesucian.

“Bahasa Arab itu sama saja dengan bahasa-bahasa lainnya di dunia ini: tidak suci. Jadi harus bisa dibedakan,” kata Taufik Damas melalui cuitannya di Twitter pada Rabu (10/5/2023). Ia mengimbau agar masyarakat lebih bijak dalam membedakan hal ini.
Bukan bagian ayat Alquran

Ketua Dakwah MUI Pusat, Cholil Nafis, juga memberikan komentarnya atas penampilan Agnes Mo yang menggunakan busana bertuliskan bahasa Arab pada 2016 lalu. Menurut Cholil, tulisan Arab di pakaian Agnes bukan bagian dari ayat suci Alquran.

“Tulisan Arab di busananya tak berarti menodai kesucian Islam. Karena tulisan itu bukan ayat Alquran. Kata al muttahidah itu artinya persatuan,” jelas Cholil.

Cholil menambahkan bahwa meskipun Alquran menggunakan bahasa Arab, kesuciannya tidak sama. Ia mengonfirmasi bahwa tulisan Arab yang tercantum di busana Agnez Mo bukan merupakan bentuk penodaan agama.

“Meskipun Alquran menggunakan bahasa Arab, tetapi tak berarti kesuciannya sama. Ya, tak apa-apalah dan tak menodai agama Islam,” kata Cholil Nafis.

Sumber: inilah
Foto: Agnes Mo Kenakan Busana Bertuliskan Arab/Net
Viral Polemik Agnes Mo Kenakan Busana Bertuliskan Arab, NU-MUI Berikan Penjelasan Viral Polemik Agnes Mo Kenakan Busana Bertuliskan Arab, NU-MUI Berikan Penjelasan Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar