Breaking News

Mahasiswa KKN Tematik Undip Pedulikan Ekonomi Kerakyatan, Sukses Gelar Seminar Branding Dan Bazar UMKM!)


Komando Bhayangkara, Semarang – Mahasiswa KKN Tim II Undip Haikal Rifat Farihi Jurusan Ilmu Komunikasi sukses menggelar Seminar branding dan Bazar UMKM bagi para pelaku UMKM Kelurahan Pedurungan Tengah, yang bertempat di Balai Kecamatan Pedurungan, Kamis (03/08/2023).

“Berdasarkan survei dan wawancara yang telah dilakukan ke berbagai pelaku UMKM di Pedurungan Tengah Kota Semarang para pelaku UMKM saat ini harus bisa memanfaatkan kehadiran teknologi sebagai upaya membranding produk ditengah gempuran digitalisasi. Namun sayangnya para pelaku UMKM di Pedurungan Tengah masih melakukan branding secara konvensional sehingga memerlukan adanya pencerdasan lebih lanjut untuk meningkatkan UMKM menuju kelas atas. Dengan mendengar berbagai aspirasi para pelaku UMKM tersebut maka kami mengadakan Seminar pencerdasan dan Bazar untuk menghidupakan ekonomi kerakyatan yang ada di Kelurahan Pedurungan Tengah, “ ujar Mahasiswa KKN Undip, Haikal Rifat dalam pemaparannya.

Dalam pelaksanaannya, Haikal memberikan tema, latar belakang dan pentingnya branding secara digital utamanya untuk bisa bersaing dengan UMKM lainnya dengan mengundang langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang beserta jajaran untuk memberikan seminar pencerdasan mengenai Branding dan sesi konsultasi kepada masyarakat.

“Banyak sekali para pelaku UMKM di Pedurungan Tengah yang produknya berpotensi untuk masuk menjadi UMKM kelas nasional namun belum dikenal oleh banyak pihak sehingga adanya pencerdasan mengenai branding sangat vital dilakukan supaya brand awareness suatau produk dapat meningkat,” Pungkasnya.

Sementara itu, para pelaku UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah masih menggunakan branding secara konvensional dari rumah-ke rumah, toko ke toko maupun memperkenalkan dan menawarkan produknya melalui grub whatsapp dan saat ada event-event besar.

Para pelaku UMKM masih jarang memanfaatkan sosial media seperti instagram, You Tube, Tiktok ataupun menciptakan nama dan kemasan yang menarik untuk di iklankan secara digital.

“Iya Mas, saya belum pernah nyoba pakai sosmed paling kalau  ada toko oleh-oleh yang tertarik saya bawakan sampel dan kalau suka saya antarkan produk saya ". Ujar Tarwi, salah satu pelaku UMKM

Haikal menilai penyelenggaraan Seminar dan Bazar ini merupakan langkah solutif untuk dapat mendongkrak eksistensi UMKM yang ada di Pedurungan Tengah dan juga memperkenalkan upaya digitalisasi melalui branding yang jarang dilakukan oleh para pelaku UMKM di Pedurungan ditengah perkembangan teknologi.

“Supaya banyak masyarakat dan para pelaku UMKM yang tertarik untuk mengikuti Seminar ini, kami mengundang secara langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM sebagai pembicara dan turut pula menghadirkan Bapak Sekertaris Daerah Kota Semarang Bapak Iswar Aminudin sebagai keynote speaker dan dipenghujung acara terdapat sesi konsultasi bagi para pelaku UMKM yang bisa dipertanyakan langsung kepada Dinas terkait kendala dalam membranding UMKM,” Jelasnya.

Seluruh pelaku UMKM merasa gembira atas diadakannya Seminar UMKM dan Bazar oleh mahasiswa KKN Tematik Undip karena merasa diperhatikan oleh pemerintah, terlihat dengan antusiasme jumlah kehadiran para peserta dan meriahnya acara diskusi serta banyaknya transaksi jual beli pada bazar yang disediakan.

Dengan adanya Seminar ini tentunya semoga UMKM yang ada di Kelurahan Pedurungan Tengah dapat menuju UMKM Kelas atas.

Kesuksesan program mahasiswa yang KKN tidak lepas peran serta Dosen Pembimbing,  program yang dibuat oleh Haikal Rifat Farihi tidak lepas dari dr. Siti Fatimah, M.Kes. dan Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. sebagai Dosen Pembimbingnya. (bdnMKB) 

Mahasiswa KKN Tematik Undip Pedulikan Ekonomi Kerakyatan, Sukses Gelar Seminar Branding Dan Bazar UMKM!) Mahasiswa KKN Tematik Undip Pedulikan Ekonomi Kerakyatan, Sukses Gelar Seminar Branding Dan Bazar UMKM!) Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar