Breaking News

Kasus Mentan SYL Dinilai Sarat Muatan Politis, Begini Penjelasan Pakar


Kasus yang menyeret Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) diyakini tidak murni urusan hukum semata. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menyebut bahwa memang para menteri dari Partai NasDem sudah ditargetkan terlibat kasus hukum, sejak Surya Paloh resmi mendukung Bacapres Anies Baswedan.

"Ya cuma apakah nanti selamat atau tidak tergantung garis tangan, apakah ini bersifat politis? Ya tentu (pelibatan dalam) korupsi itu tidak lepas dari persoalan politis," kata dia saat dihubungi Inilah.com, di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Ujang mengatakan bukan tidak mungkin target selanjutnya adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya. Menurutnya, dalam konteks mencari kesalahan lawan politik memang kasus korupsi yang paling ampuh

"Ya dari dulu kan ditarget, diincar juga Menteri KLH Siti Nurbaya, tapi apakah ada deal dalam yang punya kuasa, ya kita tidak tahu. Ya sejatinya menteri-menteri NasDem itu sudah di-TO (target operasi) untuk dicari-cari kesalahannya, dicari-cari kelemahannya, kekurangannya terkait persoalan hukum," ucap Ujang.

Sebelumnya, keberadaan SYL di luar negeri sempat simpang siur, usai dikabarkan menjadi tersangka dugaan kasus korupsi jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Politikus Partai NasDem itu kini sudah tiba di tanah air. SYL mendarat di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dengan menaiki pesawat SQ964, pada Rabu (4/10/2023) pukul 18:05 WIB.

Suasana Bandara Soetta tampak terlihat adanya peningkatan pengamanan, baik dari advisor security dan kepolisian Polres Bandara Soetta. Namun, tidak tampak ada perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mentan SYL tiba mengenakan jas bermotif kotak-kotak dan bermasker. Dia ditemani tiga stafnya. Mereka keluar dari Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Setelah itu SYL dan stafnya menuju parkiran mobil di T3.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, SYL terbang menuju Indonesia dengan menggunakan Singapore Airlines dari Bandara Changi, Singapura. Ia check in pada pukul 15:36 WIB dengan lima bagasi melalui sistem penerbangan.

Sumber: inilah
Foto: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo/Net
Kasus Mentan SYL Dinilai Sarat Muatan Politis, Begini Penjelasan Pakar Kasus Mentan SYL Dinilai Sarat Muatan Politis, Begini Penjelasan Pakar Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar