Breaking News

Ini Daftar Terduga Teroris yang Ditangkap Pascabom di Makassar


Komando Bhayangkara - Polri telah berhasil menangkap sejumlah terduga teroris pasca-bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. Total, ada 13 terduga teroris yang ditangkap.

Ke-13 terduga teroris itu ditangkap di Makassar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jakarta, dan Kabupaten Bekasi, dengan rincian 4 ditangkap di Makassar, 5 di NTB, serta 4 di Jakarta dan Kabupaten Bekasi.

Makassar: 4 Orang Kelompok JAD

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, 4 terduga teroris ditangkap di Makassar. Penangkapan keempatnya ini dilakukan berdasarkan hasil pengembangan bom bunuh diri di Makassar.

"Kemudian perkembangan dari peristiwa bom yang terjadi kemarin. Sampai hari ini kita sudah mengirimkan 4 tersangka: AS, SAS, MR, dan AA," ujar Sigit dalam jumpa pers di Mapolda Sulsel, Senin (29/3/2021).

Keempat terduga teroris ini merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang tergabung dalam kajian yang sama dengan pelaku bom bunuh diri di Makassar, L dan YSF. Kajian tersebut bernama Kajian Villa Mutiara.

"Masing-masing perannya bersama-sama dengan L dan YSF mereka ada dalam satu kelompok Kajian Villa Mutiara namanya. Di mana masing-masing memiliki peran untuk memberikan doktrin, kemudian mempersiapkan rencana untuk jihad dan juga berperan membeli bahan yang akan digunakan untuk digunakan sebagai alat untuk melakukan bom bunuh diri," tutur dia.

NTB: 5 Orang Kelompok JAD

Kemudian, 5 terduga teroris jaringan JAD lainnya juga ditangkap di NTB. Empat ditangkap kemarin pasca-bom bunuh diri di Makassar dan satu terduga teroris diamankan hari ini.

"Kemudian hari ini juga terkait dengan kelompok JAD yang kemarin sudah kita amankan hari ini bertambah satu orang sehingga total 5 pelaku teroris dari kelompok JAD yang ada di NTB saat ini sudah kita amankan," kata Sigit.

Sigit mengatakan saat ini pihaknya masih terus mengembangkan dari penangkapan ini.

"Saat ini terus dikembangkan dan mudah-mudahan dalam waktu cepat rekan-rekan segera bisa mengamankan," ujar dia.

Jakarta dan Bekasi: 4 Orang

Selain itu, Densus 88 meringkus 4 terduga teroris di Jakarta dan Kabupaten Bekasi. Empat terduga teroris itu ialah ZA, HH, AJ, dan BS.

Sigit tidak menjelaskan apakah keempatnya berkaitan dengan bom bunuh diri di Makassar. Dia juga tidak menjelaskan jaringan dari keempat terduga teroris ini.

"Kemudian, di saat yang bersamaan juga, saat ini tim Satgas Densus yang ada di Jakarta telah mengamankan 4 orang. Dengan identitas ZA, HH, kemudian AJ, dan BS," ujar Sigit.

Sigit mengatakan, dari penangkapan ini, sejumlah bahan peledak dan 5 bom aktif jenis sumbu juga diamankan. Dia juga menjelaskan peran masing-masing dari keempatnya.

"Dari hasil penangkapan kemudian dilakukan penggeledahan di wilayah Bekasi dan kemudian Condet, kita temukan barang bukti antara lain lima bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan, kemudian 5 stoples besar yang di dalamnya berisi aseton, kemudian H2O2, HCL, sulfur dan flash powder serta termometer yang bahan-bahan ini akan diolah untuk menjadi bahan peledak dan jumlahnya kurang lebih 4 kilo," papar Sigit.

"Kemudian ditemukan bahan peledak yang sudah jadi dengan jumlah 1,5 kilo. Saat ini mereka sudah kita amankan dan perannya masing-masing ada yang mau beli bahan, ada yang mengajarkan, ada yang juga membuat handak dan yang siap menggunakan bahan tersebut," imbuh dia. (MKB/DETIK)

Foto : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Istimewa)
Ini Daftar Terduga Teroris yang Ditangkap Pascabom di Makassar Ini Daftar Terduga Teroris yang Ditangkap Pascabom di Makassar Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar