Breaking News

Panglima TNI Sidak Posko PPKM di Cilangkap


Komando Bhayangkara, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito melakukan Inspeksi Mendadak ke Posko PPKM Mikro RW 03 Kelurahan Cilangkap, Jaktim. Sabtu (19/6).

Dalam sidak tersebut, Panglima TNI dan rombongan menyempatkan diri berdialog dengan Ketua RW 03 Roshadi yang didampingi oleh Danramil, Kapolsek dan Wakil Camat Cipayung untuk mengetahui keadaan di lingkungan tersebut serta penanganan terhadap masyarakat yang positif Covid-19.

Panglima TNI mengapresiasi tindakan yang diambil oleh Satgas Covid di RW 03 yang telah melaksanakan mekanisme untuk menekan laju kasus Covid-19 di wilayah RW 03 Kelurahan Cilangkap dengan baik. Namun, menurutnya ada satu sistem yang harus digabung dari 3 Pilar (TNI, Polri, dan Pemda) yaitu penambahan satu pilar dari Dinas Kesehatan.

"Justru peran paling kuat adalah dari Dinas Kesehatan, karena Dinkes akan menerima secara langsung informasi dari Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) terkait kasus Covid-19 guna pelaksanaan tracing kontak erat," katanya. 

Panglima TNI juga mengingatkan agar mereka jangan terlena walau nantinya sudah masuk kategori zona hijau. Ia meminta petugas setempat harus terus waspada dan mengantisipasi adanya suspect dari lintas masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Di akhir Sidak, Panglima TNI menegaskan kembali untuk sinergi 4 Pilar yang wajib dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut. "Tetap tegakan Protokol Kesehatan, jaga jarak. Saya lihat Ibu-ibu Dasa Wisma disiplin menggunakan masker. Terima kasih banyak Ibu atas usahanya yang luar biasa. Insya Allah Ibu akan mendapatkan pahala," ucapnya.

Sebelumnya Ketua RW 03 Roshadi menjelaskan bahwa berdasarkan hasil swab antigen terdapat 111 masyarakat yang positif. Kemudian pihaknya berkoordinasi untuk merekomendasi bagi warga yang bergejala dirujuk ke Rumah Sakit dan yang tidak bergejala dirujuk ke RSDC Wisma Atlet.

Selain itu Roshadi juga mengapresiasi perhatian dan kepedulian dari Panglima TNI, Kapolri, Menteri Kesehatan, serta Kepala BNPB kepada  warganya di RW 03 Kelurahan Cilangkap tersebut. 

"Kami warga RW 03 ini selalu dibantu oleh Danramil, Kapolsek, seluruh warga serta Dasa Wisma (Kelompok ibu rumah tangga, yang berasal dari 10 keluarga yang bertetangga) untuk menangani Covid-19 di wilayah kami," jelas dan pungkas Roshadi.(**)
Panglima TNI Sidak Posko PPKM di Cilangkap Panglima TNI Sidak Posko PPKM di Cilangkap Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar