Breaking News

KSAD: Besok Pagi Rumah Sakit Lapangan RSPAD Sudah Bisa Merawat Pasien Covid-19


Komando Bhayangkara - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melakukan pengecekan terakhir kesiapan Rumah Sakit Lapangan modern Yonkes Div 1/1 Kostrad, RSPAD Gatot Subroto.

Dan besok pagi Senin (12/7) sudah bisa dioperasionalkan dan bisa menerima pasien Covid-19.

Setiap harinya mantan Komandan Paspampres ini terus memonitor pembangunan RS Lapangan RSPAD guna memenuhi kebutuhan perawatan pasien Covid-19.

Diketahui, segala persiapan mulai dari tim dokter dan perawat, tenda pasien, ruang operasi, ruang disinfektan, AC, toilet, hingga internet menjadi perhatian KSAD saat meninjau pengecekan terakhir kesiapan.

Jenderal TNI bintang 4 ini menginstruksikan personel di lapangan untuk memastikan semua persiapan RS modern milik TNI AD bakal selesai hari ini agar Senin (12/7) besok siap digunakan.

“Hari ini yang belum siap, yang saya tanya satu persatu tadi dituntaskan, tidak ada yang tidak dituntaskan. Personel juga harus dikasih tahu mulai dari hal terkecil seperti penggunaan HT, kebersihan, semua alat medis, agar semuanya lancar,” kata Andika dalam keterangan tertulis, Minggu (11/7/2021).

Menurutnya, hal itu dilakukan guna terlaksananya pengoperasian RS Lapangan Yonkes Divif 1/1 Kostrad yang akan dimulai pada Senin.

“Besok jam 8 pagi Rumah Sakit Lapangan RSPAD sudah menerima pasien, sesuai dengan manajemen RSPAD,” pungkasnya.

Sebagai informasi, RS Lapangan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang mumpuni. Meski bukan bangunan permanen, RS lapangan ini dilengkapi dengan ruang operasi, ruang disinfektan, toilet, AC, dan internet. RS Lapangan milik Yonkes 1 Kostrad ini juga kuat menahan terjangan angin 180 KM/Jam dan anti banjir.
 
Selain di Jakarta, TNI AD juga menggelar rumah sakit lapangan moderen yang bertempat di RS Tentara Soepraoen Malang, Jawa Timur.

Rumah sakit lapangan yang digelar oleh Yonkes 2 Kostrad Malang ini juga diperbantukan untuk merawat pasien COVID-19 yang tak tertampung lagi di rumah sakit umum.

Sejumlah fasilitas sudah dipasang seperti tenda-tenda thermal, alat-alat kesehatan lengkap baik di ruang perawatan, IGD, ICU, dan laboratorium.

Pembangunannya pun hampir rampung dan tinggal beberapa pekerjaan, seperti pemasangan internet maupun instalasi listrik. (MKB/POJOKSATU)

Foto: KSAD Jenderal Andika Perkasa (ist)
KSAD: Besok Pagi Rumah Sakit Lapangan RSPAD Sudah Bisa Merawat Pasien Covid-19 KSAD: Besok Pagi Rumah Sakit Lapangan RSPAD Sudah Bisa Merawat Pasien Covid-19 Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar