Breaking News

Panglima TNI Puji Perjuangan Nakes Atasi Pandemi: Kalian Pahlawan Kesehatan


Komando Bhayangkara - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengangkat topi untuk perjuangan para tenaga kesehatan (nakes) selama masa pandemi COVID-19. Hadi menyebut mereka sebagai ksatria dan pahlawan.

"Para tenaga kesehatan (nakes) adalah ksatria-ksatria negara untuk melawan COVID-19. Oleh sebab itu, terus semangat untuk melayani rakyat karena tidak boleh ada rakyat yang tertinggal untuk tidak divaksinasi," kata Hadi saat meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Balai RW 02 Pademangan, Jakarta Utara (Jakut), Sabtu (3/7/2021).

Hadi mengaku melihat semangat yang kuat dari para nakes untuk memerangi COVID-19. Dia mengingatkan para nakes agar memerhatikan asupan nutrisi dan rutin tes PCR agar kondisi kesehatan dapat dipastikan baik.

"Tetap menjaga kesehatan dengan menjaga asupan nutrisi dan vitamin yang baik. Kemudian setiap kali berkumpul dan ada tugas, harus melaksanakan PCR untuk menjaga kesehatan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para nakes" ujarnya.

Di lokasi, Hadi mengajak dialog salah satu warga yang juga merupakan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Pademangan. Dia meminta tolong agar seruan untuk vaksinasi kepada warga ditingkatkan agar target pemberian 1 juta dosis vaksin pe hari tercapai.

"Apa yang sudah Ibu arahkan kepada warganya harus ditingkatkan lagi frekuensinya, agar target Presiden RI 1 juta vaksin per hari bisa lebih. Sehingga herd immunity di Jakarta ini pada bulan Agustus sudah bisa tercapai, tinggal 4 juta lagi penduduk Jakarta seluruhnya sudah tersuntik 4.700.000," jelas Hadi kepada perempuan paruh baya itu.

Hadi kemudian mempersilakan perempuan tersebut untuk berkoordinasi dengan kepolisian setempat jika hendak menggelar kegiatan vaksinasi massal dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Dia pun menyanggupi dukungan bila kegiatan vaksinasi dilakukan tanpa mengenal hari libur.

"Ibu bisa mengarahkan karena Ibu punya power, kerahkan keluarganya, anaknya karena sudah ada keputusan 18 tahun untuk bisa divaksin. Dokter koordinasi dengan Kadokes (Kepala Kedokteran dan Kesehatan-red) Polri untuk bisa menambah kalau ada tempatnya yang lebih luas. Tidak ada hari libur, Sabtu dan Minggu tetap jalan," ungkap Hadi.

Sasaran vaksinasi di lokasi ini sebanyak 200 orang, dengan 27 vaksinator yang terdiri dari 10siswa Dikma PA PK TNI Susgakes 2021, 4 petugas dari Pusdikkes TNI AD, 10 Relawan Wisma Atlet dan 3 petugas Puskesmas setempat.

Usai dari Pademangan, Hadi bertolak ke Kelurahan Tegal Alur, Jakarta Barat (Jakbar). Di tempat ini, Hadi menyemangati para nakes dan menyebut mereka sebagai pahlawan kesehatan.

"Jangan bosan dan tetap semangat, kalian telah melakukan tugas mulia, kalian adalah pahlawan kesehatan," ujar mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini.

Dia lalu menemui Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat dan berpesan agar selalu mengingatkan masyarakat soal disiplin menggunakan masker."Ingatkan lagi kalaupun sudah divaksin tetap harus menggunakan masker. Pakai masker harga mati kalau tidak menggunakan masker bisa mati," tutur Hadi.

Hadi menyampaikan juga kepada warga, dengan menggunakan masker berarti turut menjadi pahlawan kesehatan bagi orang sekitar. Hadi lalu memerintahkan penambahan nakes dari TNI-Polri untuk membantu vaksinasi di Tegal Alur.

"1 nakes TNI dan 1 nakes Polri akan ditugaskan untuk membantu sebagai (vaksinator-red) piket," ucapnya.

Dalam kunjungan ini, Hadi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito. (MKB/DETIK)

Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito hadiri vaksinasi massal di Pademangan Jakut (dok. Puspen TNI)
Panglima TNI Puji Perjuangan Nakes Atasi Pandemi: Kalian Pahlawan Kesehatan Panglima TNI Puji Perjuangan Nakes Atasi Pandemi: Kalian Pahlawan Kesehatan Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar