Breaking News

Aksi Jenderal Andika Perkasa Jajal Helikopter Black Hawk Milik AS, Pintu Dibiarkan Terbuka


Komando Bhayangkara - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menjajal helikopter Black Hawk milik tentara angkatan darat Amerika Serikat (AS).

Jenderal Andika Perkasa menaiki helikopter Black Hawk saat meninjau beberapa titik latihan Garuda Shield ke-15 di pusat latihan tempur Baturaja, Sumatra Selatan.

Latihan gabungan TNI AD dan tentara angkatan darat AS bertajuk Garuda Shield 15/2021 itu digelar dari tanggal 1 sampai 14 Agustus 2021.

Jenderal Andika Perkasa terbang menggunakan helikopter Black Hawk selama 20 menit.

Selama terbang di udara, pintu helikopter Black Hawk dibiarkan terbuka.

Jenderal Andika Perkasa mengatakan kepada tentara AS, ini bukan pertama kali dirinya naik helikopter Black Hawk.

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa pernah mencobanya saat berada di Orlando, Amerika Serikat.

"Saat saya terbang di Orlando, pintunya ditutup karena cuaca dingin bulan Februari," ujarnya yang dikutip dari Pikiran-rakyat.com yang bersumber dari video yang diunggah kanal Youtube TNI AD pada 28 Agustus 2021.

Prajurit TNI AD yang tergabung dalam join combine exchange training juga akan terbang menggunakan helikopter Black Hawk sebelum terjun di lokasi dropping zone.

Terlepas dari itu, latihan gabungan TNI AD dan AS sempat mendapatkan kritik dari pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie.

Connie menyoroti soal pemilihan tempat latihan yang digelar di beberapa daerah yakni Pusat Latihan Tempur Baturaja (Sumatra Selatan), Amborawang (Kalimantan Timur), dan Makalisung (Sulawesi Utara).

Connie menuturkan, latihan gabungan dengan tentara asing biasanya hanya digelar di satu tempat, tidak beberapa tempat.

Ada alasan khusus di balik tempat latihan yang harus dibuat terfokus di satu tempat saja.

"Karena yang latihan adalah pasukan militer yang punya segala keahlian dan kecanggihan militer," sebutnya yang dikutip dari Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 5 Agustus 2021.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Andika Perkasa saat menaiki helikopter Black Hawk. /Tangkap layar Youtube.com/TNI AD
Aksi Jenderal Andika Perkasa Jajal Helikopter Black Hawk Milik AS, Pintu Dibiarkan Terbuka Aksi Jenderal Andika Perkasa Jajal Helikopter Black Hawk Milik AS, Pintu Dibiarkan Terbuka Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar