Breaking News

Gus Yasin Pacu Pembaharuan Data Kemiskinan dengan Menggeber Program 'Satu Desa Binaan Satu OPD'


Komando Bhayangkara, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta jajarannya untuk memperbarui data kemiskinan di Jawa Tengah. Menurutnya, pembaruan data menjadi sangat penting untuk menggeber program 'Satu Desa Binaan Satu OPD' yang dikawalnya.

Hal tersebut dia sampaikan usai memberikan arahan dalam rapat koordinasi replikasi program desa dampingan, di ruang rapat Gd. A Lt 2, Jumat (3/9).

"Kita harus pacu lagi pembaruan data kita. Jangan sampai, meski pendataan kita sudah berjalan baik kita tidak kejar lagi. Harus dikejar. Karena data itulah nantinya sumber acuan kita dalam menanggulangi kemiskinan," kata Gus Yasin, sapaan akrabnya.

Gus Yasin menegaskan, pembaruan data kemiskinan tersebut akan dikebut hingga bulan Oktober. Menurutnya, semakin cepat data terkumpul maka lebih baik untuk mempelajari data tersebut dan mengambil tindakan.


Sebagai contoh, Gus Yasin menyebut terdapat sekitar 9.807 anak yatim selama masa pandemi Covid-19 ini. Maka, dia berharap hal ini juga perlu mendapatkan perhatian.

"Maka saya berharap dari berbagai sektor ini bisa kita petakan, kita singkronkan. Bisa lewat program Satu Desa Binaan Satu OPD ini juga. Bisa jadi OPD tidak hanya menyentuh RTLH, dan yang teknis saja, tapi juga bisa menjadi orangtua asuh nagi anak yatim," tandasnya.

Terkait data desa binaan, Gus Yasin menegaskan adanya evaluasi dan selalu melakukan pengecekan. Menurutnya tiap-tiap desa memiliki kultur yang berbeda. Jadi, lanjutnya, kalau pembaruan datanya berjalan, maka pemerintah akan mendapat input yang beragam. 

"Nah yang saya harapkan dengan berbagai pola atau mekanisme pendataan ini nantinya bisa kita rumuskan formulanya. Kemudian kita replikasi dan bagikan ke daerah lain sebagai acuan. Sehingga bisa lebih efisien," tutupnya.
Gus Yasin Pacu Pembaharuan Data Kemiskinan dengan Menggeber Program 'Satu Desa Binaan Satu OPD' Gus Yasin Pacu Pembaharuan Data Kemiskinan dengan Menggeber Program 'Satu Desa Binaan Satu OPD' Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar