Breaking News

Polres Jakbar Gulung Komplotan Maling Spion Mobil Mewah


Komando Bhayangkara - Polisi menangkap sepuluh orang tersangka pencurian dan satu orang penadah dalam kasus pencurian spion mobil mewah yang kerap beraksi di wilayah hukum Jakarta Barat. Terakhir, mereka melancarkan aksi di Jalan Rawa Kepa, Tomang, Jakarta Barat, pada Jumat (3/9) yang lalu.

Kesepuluh orang tersangka yakni HH (17), FE (16), MR (16), IAS (21), DSKI (24), FDA (23), SG (19), DS (26), MY (37) dan AF (21) serta satu orang dari tersangka berinisial HH (17) merupakan seorang residivis.

"Salah satunya inisial H adalah residivis yang pernah berhadapan dengan hukum pada 2016 dalam kasus yang sama sebagai pelaku curat spion saat itu dibawah umur jalani hukuman 4 bulan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo saat konferensi pers di Mapolres Metro Jakbar, Rabu (8/9) petang.

Dalam menjalankan aksinya, Ady menyebut komplotan ini biasa beroperasi di wilayah Jakarta Barat, Tangerang dan Depok selama satu tahun kebelakang.

Dari hasil mencuri spion, keuntungan yang biasa komplotan ini raup dari beriksar Rp75 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merek mobil yang spionnya dicuri.

"Uang hasil pencuriannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari KTP mereka rata-rata tidak bekerja," tutur Ady.

Kini kedelapan pelaku pencurian dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya tujuh tahun.

Sedangkan,dua orang penadah dijerat dengan pasal 481 KUHP dengan hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun.

"Penadahan yang dijadikan kebiasaan untuk cari keuntungan," ucap Ady.

Sebelumnya, aksi pencurian spion mobil terjadi di Jalan Rawa Kepa, Tomang, Jakarta Barat pada hari Jumat 3 September 2021 sekitar pulul 23.51 WIB. Aksi ini terekam kamera CCTV dan viral di media sosial salah satunya lewat instagram akun @kontributorjakarta.

Dalam rekaman CCTV terlihat dua pelaku menyantroni rumah korban, pelaku satu menunggu di luar sementara pelaku lain yang memakai sweater berwarna coklat menaiki pagar dan langsung mengambil spion sebelah kanan mobil Toyota Fortuner. Tak berselang lama, pelaku pun kabur dengan memanjat pagar kemudiam lari. (MKB/RMOL)

Foto: Kapolres Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo saat konferensi pers pengungkapan kasus komplotan pencurian spion mobil mewah/RMOL
Polres Jakbar Gulung Komplotan Maling Spion Mobil Mewah Polres Jakbar Gulung Komplotan Maling Spion Mobil Mewah Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar