Breaking News

8 Orang Tentara Amerika Serikat Akan Berlatih Bersama Yonif Raider 300/Brajawijaya


Komando Bhayangkara - Kodam III/Siliwangi menerima kunjungan kehormatan dari para tentara dari negeri paman Sam Amerika Serikat.

Kunjungan tersebut berasal dari Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army di Makodam III/Siliwangi di Jalan Aceh, Kota Bandung pada Kamis 21 Oktober 2021.

Kedatangan 8 anggota US Army yang dipimpin Major Eric Cannon tersebut adalah juga dalam rangka melaksanakan latihan bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Pada sambutannya, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto menyatakan sungguh suatu kehormatan bisa dikunjungi oleh delegasi Tim SFAB.

Nantinya delegasi ini akan berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama prajurit Kodam III/Siliwangi. Khususnya pada Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya selama 14 hari ke depan hingga 7 November 2021.

Pada kesempatan tersebut Agus pun memperkenalkan sejumlah perwira menengah dan tinggi yang ada di Kodam III/Siliwangi semisal Kasdam III/Siliwangi, Irdam III/Siliwangi, Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Asrendam III/Siliwangi para asisten dan kabalak termasuk Danyonif Raider 300/Brajawijaya.

Selain itu Agus juga memaparkan sejarah berdirinya Kodam III/Siliwangi yang memiliki sejarah panjang.

Dimulai dari didirikan pada tanggal 20 Mei 1946 hanya berselang 9 bulan dari Indonesia merdeka.

Pada saat itu Pangdam III/Siliwangi adalah Kolonel A.H Nasution yang juga merupakan salah seorang pahlawan kemerdekaan Indonesia.

"Kodam III/Siliwangi dalam perjalanan waktu telah banyak melaksanakan tugas operasi sejak perang kemerdekaan hingga saat ini. Baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) seperti perang mempertahankan kemerdekaan dan OMSP seperti menumpas aksi pemberontakan sparatisme di seluruh wilayah NKRI dan pengamanan perbatasan NKRI," katanya.

Di lain hal, Agus juga menyampaikan kegiatan yang sedang berjalan semisal penanganan pandemi Covid-19.

Kodam III/Siliwangi lanjut Agus berkomitmen penuh untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah terkait pandemi tersebut.

"Semisal program vaksinasi, bantuan sosial, pengamanan wilayah saat PPKM dan program kesehatan termasuk pemberdayaan masyarakat yang terdampak. Ini dilakukan di dua provinsi yang menjadi bagian dari Kodam III/Siliwangi yaitu Jabar dan Banten," katanya.

Agus pun berpesan kepada para tentara dari US Army tersebut untuk menikmati kegiatan bersama Prajurit Raider 300/Brajawijaya.

Namun pada saat latihan jangan sampai lupa untuk memperhatikan prosedur keamanan dan protokol kesehatan.

"Jika demikian maka diharapkan kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan bisa memberi nilai positif bagi TNI AD dan US Army," katanya.

Seusai acara, seluruh peserta melaksanakan ramah tamah dengan para anggota dari Kodam III/Siliwang. Selain makanan yang bisa dimakan oleh US Army, Kodam III/Siliwangi juga menyediakan makanan khas Sunda bagi tentara asal Amerika Serikat tersebut semisal nasi kecombrang.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto saat memperlihatkan 'badge' dari US Army yang diwakili oleh Major Eric Cannon, di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung pada Kamis 21 Oktober 2021.* /Pikiran Rakyat/M. Iqbal Maulud
8 Orang Tentara Amerika Serikat Akan Berlatih Bersama Yonif Raider 300/Brajawijaya 8 Orang Tentara Amerika Serikat Akan Berlatih Bersama Yonif Raider 300/Brajawijaya Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar