Breaking News

Curhat di Medsos, Pasien Klinik Kecantikan Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Pencemaran Nama Baik


Komando Bhayangkara - Stella Monica Hendrawan, pasien klinik kecantikan di Surabaya ini menjadi pesakitan dalam kasus pencemaran nama baik. Kini, Stella terancam tuntutan jaksa yakni pidana 1 tahun penjara dan denda Rp 10 juta.

Kasus Stella ini bermula gegara curhatannya pada Desember 2019. Saat itu, dia mengeluhkan layanan Klinik L'VIORS yang tak sesuai harapannya melalui postingan di media sosial, Instagram.

Tak terima dengan postingan Stella, pihak L'VIORS kemudian mengirim somasi pada 21 Januari 2020. Dalam somasinya, Stella harus melakukan permintaan maaf di media massa setengah halaman dalam tiga kali penerbitan.

Namun permintaan itu, dianggap terlalu berat oleh Stella karena butuh dana yang besar. Stella sendiri telah berinisiatif mengunggah video permintaan maaf di media sosial. Namun pihak L'VIORS meminta menghapusnya.

Dianggap tidak merespon somasi, pada tanggal 7 Oktober 2020, tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim kemudian menetapkan Stella sebagai tersangka. Berkas Stella kemudian dilimpahkan ke kejaksaan dan mulai menjalani sidang pada 22 April 2021.

Dalam sidang perdananya itu, Stella didakwa melanggar Pasal 27 Ayat 3 Jo Pasal 45 Ayat 3 UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dan kemudian pada sidang tuntutan 21 Oktober, jaksa menuntut 1 tahun penjara dan denda Rp 10 juta.

"Menuntut agar majelis hakim menghukum terdakwa Stella Monica Hendrawan dengan pidana penjara selama 1 tahun penjara. Membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 2 bulan kurungan. Membayar biaya perkara sebesar Rp 2.000," kata Jaksa Rista Erna, Jumat (29/10/2021).

Usai mendengar tuntutan tersebut, Stella mengajukan pembelaan pada 28 Oktober 2021. Sambil terisak menangis, Stella menyebut bahwa dirinya sengaja dibungkam untuk tidak mengatakan hal-hal buruk kepada klinik kecantikan L'VOIRS.

Menurut Stella, sebagai pihak penyedia jasa atau klinik kecantikan, sudah seharusnya bisa menerima hal baik dan buruk dari konsumen. Namun hal itu tidak dilakukan Klinik L'VOIRS, sehingga membuatnya menjadi pesakitan di kursi sidang.

"Seharusnya sebagai penyedia layanan jasa harus siap menerima feedback baik dan buruk dari konsumennya. Jangan maunya terima feedback yang bagus hanya demi popularitas dan nama baik semata agar dinilai orang sebagai klinik yang tidak pernah gagal mengobati pasien-pasien," papar Stella dalam pembelaannya.

Sementara Pengacara L'VOIRS, Kosasih kemudian membantah semua pembelaan Stella. Menurutnya, selama ini, kliennya tidak pernah melakukan pembungkaman terhadap keluhan konsumennya. Sedangkan curhatan Stella di medsos merupakan penggiringan opini dan telah merugikan kliennya.

"Kalau ada keluhan ataupun hal-hal yang menyangkut perawatan di LViors kita selalu terbuka. Tidak benar kalau kita melakukan pembungkaman," ujar Kosasih usai sidang.

"Curhatan yang ditulis Stella bukan sekedar curhat, tetapi menyebutkan fakta tidak benar dan menggiring opini publik yang menyebabkan kerugian besar bagi klinik LVIORS," imbuh Kosasih.

Stella sendiri kini akan menunggu sidang dengan agenda mendengarkan putusan atau vonis dari majelis hakim. Sidang itu akan digelar pada pekan depan. (MKB/DETIK)

Foto: Stella Monica Hendrawan, pasien klinik kecantikan di Surabaya (Foto: Istimewa)
Curhat di Medsos, Pasien Klinik Kecantikan Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Pencemaran Nama Baik Curhat di Medsos, Pasien Klinik Kecantikan Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Pencemaran Nama Baik Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar