Breaking News

Wagub Taj Yasin Maimoen Membuka Webminar Pengembangan Program Penanggulangan AIDS Berbasis Masyarakat


Komando Bhayangkara, Semarang - Komunitas masyarakat yang fokus pada persoalan HIV/ AIDS dinilai Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen punya kekuatan dalam membantu pemerintah menangani HIV/ AIDS. Kekuatan itu ada karena rata-rata komunitas, anggotanya sebagian juga pengidap HIV/AIDS.

“Biasanya kalau mereka berbicara kepada kita (pemerintah), itu agak malu atau agak sungkan untuk bicara vulgar. Dengan adanya komunitas-komunitas, kawan-kawan yang tergabung dalam LSM yang menangani AIDS, yang mereka juga sebagian pengidap AIDS, ini biasanya akan lebih terbuka,” tutur Wagub saat membuka Webminar Pengembangan Program Penanggulangan AIDS Berbasis Masyarakat secara virtual, Kamis (30/12/2021). 

Ketika pengidap AIDS mau terbuka, lanjut dia, maka upaya penanggulangan-penanggulangannya juga akan lebih mudah. Sebab, komunitas menjadi tahu apa saja permasalahan yang mereka hadapi. Misalnya, kesulitan mendapat obat karena harus hadir langsung di rumah sakit dan di sisi lain kondisi kesehatan penderita tidak memungkinkan untuk datang ke rumah sakit. 

“Yang paling penting itu, bagaimana mereka (penderita HIV/AIDS) mau mengungkap, mereka mau mengatakan bahwa kami seperti ini seperti ini, sehingga kami (pemerintah) bisa lebih intensif memberikan penanganan,” katanya.

Maka dari itu, pria yang tumbuh di lingkungan pesantren itu mengajak komunitas masyarakat yang punya perhatian pada penanggulangan HIV/AIDS berkolaborasi dengan pemerintah. Harapannya, pemerintah dapat membantu permasalahan yang dihadapi penderita HIV/AIDS secara lebih optimal.

Taj Yasin membeberkan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah, kasus baru HIV/ AIDS di Jawa Tengah periode Januari 2021 hingga September 2021 sebanyak 2.467 kasus. Perinciannya, infeksi HIV sebanyak 1945 dan AIDS sebanyak 522 kasus. Dari 2.467 kasus baru HIV/AIDS, 26,63 persen atau 139 orang di antaranya, meninggal dunia.

“Ini merupakan alarm bahaya bagi kita. Untuk iu, ayo padha gumregah bersama-sama, bergotong-royong dengan seluruh elemen masyarakat yang ada, untuk mencegah penyebaran HIV/ AIDS,” pungkasnya
Wagub Taj Yasin Maimoen Membuka Webminar Pengembangan Program Penanggulangan AIDS Berbasis Masyarakat Wagub Taj Yasin Maimoen Membuka Webminar Pengembangan Program Penanggulangan AIDS Berbasis Masyarakat Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar