Breaking News

Pedagang Diminta Lapor Polisi jika Kesulitan Cari Minyak Goreng Curah


Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta para pedagang aktif melapor ke personel kepolisian atau pihak terkait lainnya apabila mengalami gangguan distribusi minyak goreng jenis curah di pasaran. “Tadi saya sampaikan ke pedagang yang menjual ke masyarakat dan juga ke distributor, kalau ada kendala di lapangan terkait pasokan terganggu tolong diinformasikan ke anggota kami di lapangan, baik satgas daerah ataupun teman-teman yang kami minta mengontrol langsung di pasar,” ujar Sigit dalam keterangannya, Kamis (31/3).

Sigit menjelaskan, dengan adanya peran aktif pedagang dalam menyampaikan informasi soal proses distribusi minyak goreng curah, maka diharapkan ketersediaan bahan tersebut tidak terganggu. Jaminan ketersediaan juga akan memengaruhi harga jual minyak goreng curah.

Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana kebijakan yang ditetapkan pemerintah. “Kemudian kita bisa bantu menelusuri sumbatannya dimana. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah agar stok bisa kembali ada di pasar. Tentunya ini akan kita lakukan setiap hari dan saya minta seluruh wilayah untuk melakukan hal yang sama mengontrol langsung distribusi minyak curah,” katanya.

Sigit mengungkapkan ada laporan dari para pedagang bahwa beberapa hari ke belakang sempat mengalami kelangkaan stok minyak goreng curah. Namun saat ini, kata Sigit, ketersediaan minyak goreng curah di tempat tersebut sudah cukup.

Tak hanya itu, Sigit menyatakan, dari hasil pemantauannya para pedagang pasar telah menjual minyak curah sesuai dengan harga eceran tertinggi yang diatur pemerintah, yakni Rp 15.500 per kilogram. “Kami tanyakan ke distributor yang mengambil minyak curah dari wilayah Semarang. Dari perjalanan distribusi yang ada, setelah kami lihat dari semua kebutuhan pedagang kurang lebih 30 pedagang minyak curah rata-rata semuanya sudah mendapatkan stoknya. Harapan kita kedepan ini akan terus terjaga dan kita harapkan tak ada masalah,” ucap mantan Kapolda Banten itu.

Demi memastikan stok minyak curah tersedia untuk masyarakat, Sigit menegaskan, telah menerjunkan personel kepolisian untuk melakukan pemantauan serta pengawasan mulai dari pihak produsen, distributor, hingga di pasar-pasar. Dengan begitu, diharapkan pasokan untuk kebutuhan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri aman.

“Dan ini sudah ada mekanismenya dan kita dalam posisi memantau jangan sampai terjadi penyalahgunaan apalagi mencari untung dengan tindakan yang tidak dibenarkan. Saya kira dalam hal ini saya akan melakukan langkah-langkah. Harapan kita dalam kondisi ini barang cukup, masyarakat bisa mendapatkan barang dengan cepat karena ini memang di masa mendekati bulan Ramadan, kebutuhan masyarakat untuk sembako akan meningkat dari biasanya,” pungkasnya.

Sumber: jawapos
Foto: ILUSTRASI. Minyak Goreng/Net
Pedagang Diminta Lapor Polisi jika Kesulitan Cari Minyak Goreng Curah Pedagang Diminta Lapor Polisi jika Kesulitan Cari Minyak Goreng Curah Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar