Breaking News

Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Mempunyai Peran Yang Strategis Dalam Membangun Ekonomi


Komando Bhayangkara - Sebanyak 30 peserta yang mengikuti Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko yang dibuka secara resmi Bupati Tolitoli diwakili Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg. Mallawa, SE yang diselenggarakaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan  Terpadu Satu Pintu, Rabu (30/03) di Aula Hotel Alatas Tolitoli.

Ir.  Hadiah Kasim Munawar selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan tujuan  dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis atau sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis risiko adalah meningkatkan capaian realisasi penanaman modal (target investasi Kabupaten Tolitoli Tahun 2022 sebesar 102 M), meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya, meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai ketentuan pelaksanaan penanaman modal, meningkatkan minat penanam modal untuk melakukan penanaman modal di daerah.

Peserta yang mengikuti sosialisasi terdiri dari para pelaku usaha atau perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Tolitoli.


Sementara itu sambutan tertulis Bupati Tolitoli yang dibacakan asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg. Mallawa, SE mengatakan perubahan untuk kemudahan dan kepastian dalam perizinan serta perluasan bidang untuk investasi sejalan dengan maksud dan tujuan Undang-Undang Cipta Kerja. Hal itu akan dapat memperluas lapangan kerja baru dan diharapkan akan menjadi upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang sedang dialami dalam kondisi sulit sebagai akibat pandemi covid 19. Pemerintah daerah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif agar kolaborasi usaha besar dengan UKM menguntungkan dua belah pihak Karena tanpa kerja keras dan kerja sama semua pihak pastilah hal ini tidak bisa terwujud. Pemerintah Kabupaten Tolitoli juga berupaya melakukan percepatan proses investasi mulai dari mempermudah perizinan dan memfasilitasi investor sebaik mungkin agar investasi bisa tumbuh pesat membuka lapangan kerja hingga berkontribusi besar untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Lanjut dikatakan Usaha Kecil dan Menengah  (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam membangun ekonomi karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan mengingat pengalaman yang telah kita hadapi kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM. Terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya. Itulah sebabnya sehingga pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya.

Bupati mengajak kepada seluruh peserta agar bersama-sama membangun daerah dengan semangat gotong royong sekaligus meminta dukungan untuk mampu mengimplementasi visi dan misi pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang salah satunya menciptakan kemandirian ekonomi desa, penguatan usaha mikro kecil dan menengah sebagai pilar pembangunan daerah.

Reporter    : ASRIATI
Fotografer : IRPAN BADARUDIN
(Tim Liputan Bagian Prokopim
Setdakab Tolitoli) (red MKB)
Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Mempunyai Peran Yang Strategis Dalam Membangun Ekonomi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Mempunyai Peran Yang Strategis Dalam Membangun Ekonomi Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar