Breaking News

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh Pada 3 April 2022


Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menetapkan bahwa 1 Ramadan tahun ini jatuh pada Minggu, (3/4).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam Telekonferensi Pers Hasil Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (1/4).

Yaqut menjelaskan bahwa Kemenag menetapkan 101 titik untuk melakukan pemantauan hilal di seluruh Indonesia.

Dia menyebutkan dari 101 titik itu kesemuanya melaporkan tidak melihat hilal, sebagaimana dilaporkan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, akan tetapi belum memenuhi kriteria Mabim baru, yaitu ketinggian hilal di atas tiga derajat dan sudut elongasi 6.4 derajat serta laporan rukyatul hilal secafa mufakat bahwa 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Ahad, 3 April 2022 masehi,” kata Yaqut.

Yaqut berharap seluruh umat islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama.

“Mudah-mudahan ini menjadi simbol sekaligus cerminan kebersamaan umat islam di Indonesia,” lanjutnya. Yaqut juga berharap hal itu bisa menjadi wujud kebersamaan sesama anak bangsa dalam menatap masa depan Indonesia yang lebih baik. 

Sumber: fajar
Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/Net
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh Pada 3 April 2022 Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh Pada 3 April 2022 Reviewed by Admin Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar