Breaking News

Pangdam V/Brawijaya Launching Program Renovasi Rutilahu


Komando Bhayangkara, Probolinggo-Untuk mensukseskan program pembangunan rumah hunian masyarakat miskin, Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto melakukan kunjungan sekaligus melaunching program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Selasa (24/5/2022) di Dusun Krajan Desa Leces Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo.

Program renovasi Rutilahu menjadi rumah tinggal layak huni yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bersama Kodam V/Brawijaya ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tempat hunian yang representatif dan sehat bagi masyarakat miskin. Di Kabupaten Probolinggo, launching program renovasi Rutilahu ini dipusatkan di Desa Leces Kecamatan Leces.

Launching program renovasi Rutilahu dan program jambanisasi tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Secara keseluruhan, program renovasi Rutilahu ini dilakukan sebanyak 1.952 unit yang tersebar di 11 Kodim dan sebanyak 210 pembangunan jamban yang tersebar di 4 (empat) Kodim se-Jawa Timur.

Untuk Kabupaten Probolinggo jumlah rumah tidak layak huni yang akan direnovasi sebanyak 170 rumah dan Kota Probolinggo sejumlah 8 (delapan) rumah. Untuk di Kabupaten Probolinggo maupun Kota Probolinggo tidak ada program jambanisasi. Program renovasi Rutilahu dihari pertama secara serentak diikuti oleh 11 Kodim.

Launching program renovasi Rutilahu diawali dengan pembangunan rumah Sukesi di Dusun Krajan Desa Leces Kecamatan Leces ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama dan pemberian bantuan peralatan rumah tangga secara gratis.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko beserta Forkopimda juga meresmikan Musholla Nurul Falah.

Musholla Nurul Falah yang sudah ada sebelumnya kondisi bangunannya sudah rusak. Atas upaya TNI bersinergi dengan masyarakat setempat, Musholla Nurul Falah dibangun kembali dan dapat digunakan untuk ibadah masyarakat di lingkungan setempat.

Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto menyampaikan kegiatan program renovasi rumah tidak layak huni dan program jambanisasi secara rutin dilaksanakan. Di tahun ini ada 1.952 unit yang harus ditangani.

“Tentunya perlu dukungan semua pihak dalam menjalankan program renovasi Rutilahu agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga program ini bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan terpilihnya Kabupaten Probolinggo sebagai lokasi program renovasi Rutilahu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto yang senantiasa melakukan kunjungan dalam acara program renovasi Rutilahu,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, program renovasi Rutilahu ini semakin menegaskan kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai bukti nyata sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah.

“Selain membutuhkan peran serta aktif masyarakat, tentunya juga diperlukan dukungan oleh semua pihak. Harapannya, kegiatan program renovasi Rutilahu di Kabupaten Probolinggo ini dapat berjalan berkelanjutan dalam bentuk kegiatan yang bervariatif,” pungkasnya. (Bondan MKB/Yuni RA)
Pangdam V/Brawijaya Launching Program Renovasi Rutilahu Pangdam V/Brawijaya Launching Program Renovasi Rutilahu Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar