Breaking News

POLRES Tegal Gelar Asah Kemampuan Anggota


Komando Bhayangkara, Polres Tegal  – Kepolisian Resor (Polres) Tegal, Jawa Tengah menggelar kegiatan latihan pemeliharaan, peningkatan dan kemampuan (Harkatpuan) di Halaman Mapolres Tegal, Selasa 13 September 2022.

Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at melalui Kasat Samapta, AKP Surahno mengatakan, kegiatan Harkatpuan diikuti oleh anggota Satsamapta Polres Tegal dengan berbagai jenis pelatihan.


“Diantaranya meliputi pelatihan penggunaan peralatan Alsus Dalmas yakni Road Bloker, Metal Detector, Sekdor dan Tactical Foice Comander,” ungkapnya.

Lanjut ia, Harkatpuan juga diisi juga sebagai pelatihan pemeriksaan kerapian dan pelatihan pelacakan anjing.

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan Harkatpuan tersebut agar dilakukan secara bersungguh-sungguh sesuai dengan Arahan Perintah Pimpinan (APP).


“Perhatikan dengan serius dari instruktur pelatihan agar nantinya didalam implementasi pada kejadian nyata dilapangan dapat dilaksaakan dengan baik dan benar,” jelasnya.

Surahno menyebut, agar kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat memahami pembelajaran personil dimanapun bertugas.

Selain itu, ia mengatakan pada pelatihan Sekdor dan Metal Detector, dipimpin oleh Instruktur Kanit Obvit Aiptu Wawan Indriawan dan Kanit Patroli Aipda Andri Adi.

“Para peserta diberikan tata cara mengoperasikan Sekdor dan Metaldetector, cara mengetahui beberapa fungsi lampu dan suara hingga pemeriksaan badan yang berbau indikasi membawa logam maupun sajam,” pungkasnya.


Sementara, pada pelatihan Tactical Foice Comander akan diisi oleh Kasat Samapta, AKP Surahno dan Kanit 1 Dalmas Aipda Mukmin Jafari.

“Peserta akan diberikan pelatihan pengenalan tombol dan perlengkapan Tactical Foice, mengoperasikan, dan penggunaan aksi unra,” terangnya.

Sedangkan pelatihan Pelacakan Satwa K9, akan dilakukan oleh Instruktur Bripka Andrean Kurniawan dan Bripda Tomi Andrianto.

“Mereka akan diberikan penganalan jenis satwa dan spesifikasi keahliannya, pelatihan tata cara satwa K9 dengan menemukan bahan peledak hingga memperlakukan pawang setelah satwa K9 berhasil menemukan bahan peledak,” tutupnya. (red MKB)
POLRES Tegal Gelar Asah Kemampuan Anggota POLRES Tegal Gelar Asah Kemampuan Anggota Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar