Breaking News

4 Aksi Meresahkan KKB di Papua, dari Menyandera hingga Membunuh


Aksi-aksi meresahkan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sering terjadi di Papua. Terbaru, kelompok ini membakar dan menyandera pilot pesawat Susi Air.

Mereka tidak hanya melakukan membakar dan menyandera, namun juga menembak hingga membunuh orang. Berikut sejumlah aksi meresahkan KKB di Papua.

1. KKB Sandera Pilot Susi Air

KKB Papua menculik serta menyandera pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mehrtens. Diketahui, pada Selasa (7/2/2023), Mehrtens mendaratkan pesawat penumpang Susi Air di landasan Paro, Nduga, Pegunungan Papua.

Tak lama setelah mendarat, KKB pun menyerbu dan menculik Mehrtens. Pemimpin KKB Egianus Kogoyo menyanderanya sebagai alat tawar menawar guna meningkatkan upaya memperjuangkan kemerdekaan Papua.

2. KKB Bakar Pesawat Susi Air

Kelompok ini juga membakar pesawat Susi Air di Nduga, Papua, Selasa (7/2/2023). Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Menurut Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, pesawat Susi Air tercatat sebagai pesawat PK BVY dengan rute Timika-Paro. Tak hanya membakar pesawat, KKB juga menyandera pilot Susi Air.

Pihak Susi Air pun memastikan pesawat tidak mengalami gangguan serta aman untuk penerbangan. Dugaan sementara, pesawat terbakar bukan gangguan teknis.

3. KKB Tembak Polisi

Tiga orang polisi menjadi korban akibat baku tembak dengan KKB di Jalan Kadibing Lokasi III, Ditrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (7/1/2023).

Insiden berawal ketika ada laporan dari tukang ojek yang mengaku diadang tembakan oleh KKB.

Tukang ojek tersebut mengatakan tembakan oleh KKB tidak mengenai korban. Kemudian korban langsung menyelamatkan diri serta melaporkannya ke polres setempat.

Anggota TNI-Polri pun ke TKP (tempat kejadian perkara), hingga akhirnya terjadi baku tembak serta menyebabkan tiga orang polisi terluka. Personel yang terluka telah mendapat penanganan medis.

4. KKB Bunuh Warga Sipil

Pada Senin (5/12/2022), KKB pimpinan Nason Mimin yang berada di Pegunungan Bintang, Papua ini membunuh tiga orang tukang ojek. Pembunuhan tersebut dilakukan di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang, Pegunungan Bintang.

Terkait pistol yang digunakan KKB, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring mengindikasikan pistol tersebut merupakan salah satu senjata milik TNI AD yang hilang saat Heli MI 17 Penerbad jatuh di Pegunungan Bintang pada 2019.

Sumber: okezone
Foto: Ilustrasi/ Doc: Reuters
4 Aksi Meresahkan KKB di Papua, dari Menyandera hingga Membunuh 4 Aksi Meresahkan KKB di Papua, dari Menyandera hingga Membunuh Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar